REALISTIS! TOL CISUMDAWU Kemungkinan Baru Sampai Seksi 4, Majalengka ke Bandung Masih Campur Jalan Umum

REALISTIS! TOL CISUMDAWU Kemungkinan Baru Sampai Seksi 4, Majalengka ke Bandung Masih Campur Jalan Umum

Tol Cisumdawu kemungkinan baru sampai Seksi 4 saat beroperasi pada akhir Februari 2023.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:HORE 10 Hari Lagi TOL CISUMDAWU Beroperasi Fungsional, Bandung ke Majalengka 45 Menit Sampai

Sedangkan saat ini, perjalanan dari Majalengka ke Bandung via Tol Cisumdawu melewati Seksi 3 atau masuk dari dekat Alun-alun Cimalaka.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, PUPR, Basuki Hadimuljono mengapresiasi pekerjaan di area ini. Menurutnya, progres konstruksi sudah baik.

"Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” kata Menteri Basuki, yang melakukan kunjungan ke Seksi 4 dan 5 Tol Cisumdawu.

Terkait dengan batauan di lereng, yang dimaksud Menteri PUPR adalah area di sekitar Jembatan Cikondang. Pada bagian itu, memang terlihat ada bukit batu yang di berada di kanan dan kiri akses jalan.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Terkini TOL CISUMDAWU yang akan Beroperasi Fungsional 11 Hari Lagi

Batuan ini, tentunya akan menjadi pemandangan tersendiri bagi Tol Cisumdawu di Seksi 4. Sebab, diminta untuk dipertahankan unsur geologisnya.

Tantangan alam, medan dan geologis memang dihadapi sepanjang pembangunan Tol Cisumdawu. Sebab, area yang dilewati adalah hutan dan perbukitan.

Sebagai informasi, Seksi 4 Tol Cisumdawu dikerjakan oleh PT Wijaya Karya serta PT Brantas Abipraya selaku kontraktor pelaksana.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

BACA JUGA:SIMAK! Berikut 5 Rekomendasi MUA Wedding di Majalengka Paling Terkenal, Calon Pengantin Wajib Tahu

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), perusahaan dengan pemegang saham mayoritas adalah PT CMNP milik Jusuf Hamka.

Terkait target penyelesaian Tol Cisumdawu, Menteri Basuki kembali menegaskan bahwa akses jalan bebas hambatan tersebut harus selesai pada akhir Februari 2023.

Demikian update terbaru dari pembangunan Tol Cisumdawu di Seksi 4 yang diperkirakan akan dapat diselesaikan pada akhir Februari 2023 atau saat beroperasi secara fungsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: