Fasilitas Rest Area Tol Cisumadawu, Ada Gerai UMKM Hingga Outlet Barang Branded

Fasilitas Rest Area Tol Cisumadawu, Ada Gerai UMKM Hingga Outlet Barang Branded

Rest Area Tol Cisumdawu akan dilengkapi outlet yang menjual barang branded mewah seperti di Amerika Serikat dan Jepang.-BPJT-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM – Rest area di Tol Cisumdawu memiliki banyak fasilitas, diantaranya gerai UMKM hingga outlet barang branded.

Tol Cisumdawu merupakan akses jalan bebas hambatan yang menghubungkan Bandung hingga Majalengka. 

Cisumdawu diambil dari akronim tiga daerah di Jawa Barat yang dilewati oleh jalan tol ini yaitu Cileunyi Sumedang Dawuan. Jalan Tol Cisumdawu ini memiliki panjang mencapai 61,6 KM.

Dengan jalan tol yang cukup panjang itu, pastinya ada rest area pada jalan tol tersebut untuk beristirahat atau sekadar mengisi bensin di SPBU. Rest area di Tol Cisumdawu ini akan cukup berbeda dengan rest area pada umumnya.

BACA JUGA:Persiapan Mudik Lebaran 2024: Yuk Intip Progres Rest Area Tol Cisumdawu

Konsep dari rest area ini mirip dengan rest area di Tol Trans Jawa atau yang lebih tepatnya rest area yang ada di Salatiga. Rest area Tol Cisumdawu berlokasi di KM 172, KM 203+800 dan rest area di sekitar kawasan Paseh.

Jalan tol yang dibangun dari dana APBN dan Skema Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) serta keterlibatan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) ini memiliki Rest Area Tol Cisumdawu dengan standar Tipe A. 

FASILITAS REST AREA TOL CISUMDAWU

Tipe A berarti standar tertinggi pada area tempat istirahat di jalan tol. Maka tak heran jika rest area Tol Cisumdawu nantinya akan dibuat cukup mewah dengan berbagai fasilitas pendukungnya. Mulai dari food court, SPBU, masjid, toilet, gerai-gerai umkm hingga ada outlet barang-barang mewah yang berasal dari luar negeri, seperti Amerika Serikat dan Jepang. Pembangunan rest area ini melalui beberapa tahap dan sampai saat ini rest area tersebut belum rampung 100%.

BACA JUGA:INFO MUDIK: Simak Informasi Pintu Tol Cisumdawu Terbaru Untuk Musim Mudik 2024

Jika telah selesai, rest area ini terdapat skywalk. Skywalk ini berguna sebagai penyebrangan pengunjung yang ingin berpindah ke sisi tol lainnya. Fasilitas lainnya nanti akan dilengkapi dengan Forrest Gym dan active play area. Kemudian terdapat Family Onsen atau thermal bath alias pemandian air panas. Juga terdapat agrofarm dan observation tower. 

Hal lain yang berbeda dari rest area pada umumnya adalah adanya Cable Car Station atau kereta kabel. Juga terdapat driving range, hingga Sumedang Heritage Village. Di Fase 2 pengembangan juga mencakup penambahan kapasitas parkir dan visitor center serta terdapat hotel.

Direktur Teknik PT CKJT, Bagus Medi Suarso menjelaskan bahwa sesuai rencana akan ada invinity works atau menara pandang untuk menikmati pemandangan di sekitar rest area.

BACA JUGA:INFO MUDIK: Segini Tarif Tol Cisumdawu Lebaran 2024, Jangan Lupa Isi E-Toll Sebelum Berangkat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: