Sudahkah Ilmuwan Menemukan Bukti Benua Lemuria yang Hilang?

Sudahkah Ilmuwan Menemukan Bukti Benua Lemuria yang Hilang?

Diduga lokasi Kumari Kandam. (Tangkapan layar Youtube)--

RADARMAJALENGKA.COM-Kebanyakan orang pernah mendengar tentang benua Atlantis yang hilang.

Beberapa orang mengetahui tentang benua legendaris Lemuria yang hilang dan juga tanah semi-mitos Kumari Kandam.

Namun pernahkah Anda mendengar tentang benua Mauritia? Daratan ini merupakan bagian dari Madagaskar dan India dan para ilmuwan mengatakan sisa benua tersebut kini terletak di dasar Samudera Hindia.

BACA JUGA:Apakah Benua Lemuria yang Hilang Pernah Ada?

Menurut mereka, tempat itulah yang telah ada selama kurang lebih 85 juta tahun terakhir. Para ilmuwan kini telah mengkonfirmasi bahwa kerak benua kuno di bawah pulau Mauritius adalah sisa dari pecahnya benua super, Gondwana, yang terjadi sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Gondwana terpecah menjadi Antartika, Afrika, Australia, dan Amerika Selatan. Masih ada beberapa sisa-sisa superkontinen menakjubkan yang dapat dilihat di seluruh dunia, namun sebagian besar kisahnya telah ditutupi oleh kekuatan geologis lainnya.

Penemuan Mauritia adalah contoh lain yang membuktikan kejayaan dan perpecahan Gondwana di masa lalu.

BACA JUGA:Caleg DPR RI Heru Subagia Tekankan Pentingnya Poros Peradaban Berbasis Ilmu Pengetahuan

Dikutip dari laman New Scientist terungkap bahwa, “Petunjuk pertama keberadaan benua ini muncul ketika beberapa bagian Samudera Hindia ditemukan memiliki medan gravitasi yang lebih kuat dibandingkan bagian lainnya, yang mengindikasikan kerak bumi yang lebih tebal. Salah satu teorinya adalah bahwa bongkahan daratan telah tenggelam dan menempel pada kerak samudera di bawahnya.”

Para ilmuwan mencatat bahwa Mauritius adalah salah satu tempat dengan tarikan gravitasi yang lebih kuat, dan setelah mengamati lebih dekat beberapa kristal zirkon di pantai pulau tersebut, mereka menemukan bahwa kristal tersebut berusia hingga 3 miliar tahun. Ini mengejutkan karena Mauritius baru berusia 8 juta tahun.

BACA JUGA:Caleg DPR RI Heru Subagia Tekankan Pentingnya Poros Peradaban Berbasis Ilmu Pengetahuan

Ketika India dan Madagaskar mulai terpisah sekitar 85 juta tahun yang lalu, benua Mauritia mulai meregang dan pecah.

Seperti yang dijelaskan oleh Martin Van Kranendonk dari Universitas New South Wales di Australia, “Ini seperti plastisin, ketika benua diregangkan, benua tersebut menjadi lebih tipis dan terbelah. Potongan-potongan tipis inilah yang tenggelam di bawah lautan.”

Penulis utama studi Lewis Ashwal dari Universitas Witwatersrand di Afrika Selatan berpendapat bahwa ada lebih banyak bagian dari “benua yang belum ditemukan” yang secara kolektif disebut Mauritia yang tersebar di Samudera Hindia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: