Tanaman bambu dapat menjaga kesehatan jantung loh! Ini dia beberapa manfaat bambu yang baik untuk kesehatan

Tanaman bambu dapat menjaga kesehatan jantung loh! Ini dia beberapa manfaat bambu yang baik untuk kesehatan

Manfaat bambu bagi kesehatan yang jarang diketahui -Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Bambu adalah jenis rerumputan hijau dari keluarga Poaceae, yang tumbuh di berbagai wilayah Asia, Afrika, dan Amerika. Hingga kini, Bambu digunakan untuk berbagai hal, mulai dari membangun rumah, membuat furnitur, hingga dimanfaatkan sebagai makanan yang sehat dan kaya nutrisi. Bagian Bambu yang boleh dimakan dan bernutrisi adalah rebung Bambu. Berbagai kandungan Bambu di antaranya vitamin A, vitamin E, vitamin B6, thiamin, riboflavin, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, tembaga, seng, mangan, dan mineral penting lainnya. Setelah merebus rebung Bambu minimal 20 menit, Anda bisa mengupas daunnya dan merendam bagian dalam Bambu yang empuk dalam air selama 30 menit. Setelah itu, Bambu siap dimasak atau disimpan di lemari es hingga satu minggu. Berikut beberapa manfaat rebung Bambu untuk kesehatan tubuh:

1. Rendah Karbohidrat 

Bambu mendukung pola makan rendah karbohidrat dengan menyediakan banyak nutrisi, namun sedikit karbohidrat. Bambu juga membantu orang yang menjalani pola makan rendah karbohidrat untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang mereka butuhkan.

BACA JUGA:Kunjungan BPIPRI di radar Cirebon untuk Pembinaan pada Content Writer dan Creator Jawa Barat

2. Menurunkan Kolesterol 

Mengandung serat yang tinggi dan sangat rendah kalori, rebung bambu bisa menjadi makanan pilihan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Jika kadar kolesterol LDL terkontrol, maka selanjutnya akan mengurangi risiko penyakit jantung. 

3. Menjaga Kesehatan Jantung 

Sarat dengan kandungan fitosterol dan fitonutrien, makan bambu yang direbus dan difermentasi membantu membersihkan arteri yang tersumbat dan melarutkan kolesterol jahat atau LDL. 

BACA JUGA:Tidak sangka! Ternyata daun insulin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh loh!

4. Meredakan Gangguan Pencernaan 

Dari gangguan pencernaan hingga mual terkait kehamilan, ada banyak alasan yang membuat nafsu makan menurun. Bambu bisa membantu mengembalikan nafsu makan, dengan rasanya yang manis dan tekstur bambu yang renyah. Tingginya konsentrasi selulosa dalam bambu telah terbukti merangsang nafsu makan, mencegah sembelit, dan memperbaiki pencernaan.

BACA JUGA:5 manfaat daun miana bagi kesehatan tubuh yang jarang orang ketahui

5. Anti Kanker 

Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa sejumlah besar antioksidan, dengan senyawa fenolik dalam rebung bambu dapay membantu memerangi radikal bebas dan menunjukkan sifat anti-kanker, antibiotik, dan anti-virus. Demikianlah informasi mengenai bambu, semoga dapat menambah wawasan anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: