Bawang Bombai Dapat Menjaga Kesehatan Jantung? Yuk Kenali Beberapa Manfaatnya

Bawang Bombai Dapat Menjaga Kesehatan Jantung? Yuk Kenali Beberapa Manfaatnya

Manfaat bawang bombai bagi kesehatan -UMSU-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Sama seperti bawang merah dan bawang putih, bawang bombay merupakan umbi yang tumbuh dan berkembang di bawah tanah. bawang ini memiliki kulit berwarna cokelat keemasan dan mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, serat, garam, gula, vitamin B6, vitamin C, asam folat, kalium, dan antioksidan alami. Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, bawang bombay menyimpan manfaat kesehatan berikut ini:

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Malam di Tangerang yang Menarik untuk Dikunjungi, Kece dan Menarik

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan di dalam bawang bombay baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sifat antiradang yang dimiliki bawang ini bisa melawan peradangan termasuk yang ada di jantung. Ditambah lagi, bawang bombay memiliki senyawa sulfida alil yang bisa mencegah terjadinya penyakit jantung.

2. Menangkal efek paparan radikal bebas

Bawang bombay merupakan jenis makanan yang kaya antioksidan dan senyawa antiradang. Antioksidan diketahui dapat menangkal efek paparan radikal bebas yang bisa memicu kerusakan pada sel-sel sehat dan menyebabkan beragam penyakit. Kandungan antioksidan ini banyak ditemukan di lapisan terluar bawang bombay.

3. Mengurangi dan mengontrol kadar kolesterol

Rutin mengonsumsi bawang bombay juga dipercaya bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengontrol kadar kolesterol baik (HDL), sehingga kolesterol tetap normal dan risiko terkena penyakit kolesterol tinggi berkurang.

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Bawang bombay merupakan sumber serat dan prebiotik yang baik untuk melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan usus. Bawang ini juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya. Dengan begitu, rutin mengonsumsi bawang bombay bisa mengurangi risiko terkena gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Melihat Sunset di Tegal Jawa Barat, Langit yang Indah

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berkat kandungan antioksidan dan vitamin C yang melimpah, bawang bombay juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dua kandungan ini bisa mengaktifkan dan memperkuat sel darah putih yang bertugas melindungi tubuh dari berbagai serangan virus dan bakteri. Itulah beragam manfaat bawang bombay untuk kesehatan yang tidak boleh kamu lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: