Kenali 5 Manfaat Telur Puyuh Yang Sangat Menyehatkan Bagi Tubuh

Kenali 5 Manfaat Telur Puyuh Yang Sangat Menyehatkan Bagi Tubuh

Manfaat telur puyuh yang baik bagi tubuh-Klikdokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Telur puyuh sering  diolah menjadi berbagai jenis masakan, mulai dari Telur puyuh sambal balado, semur, hingga campuran dalam sup atau bubur. Telur yang berasal dari burung puyuh ini memiliki ciri khas berupa cangkang berwarna krem dengan bercak cokelat dan hitam. Meski ukurannya kecil, faktanya kandungan Telur puyuh tidak kalah dengan jenis Telur lain yang ukurannya lebih besar seperti Telur ayam. Beragam kandungan dalam Telur puyuh membuatnya menjadi salah satu makanan yang enak dan bernutrisi. Berikut ini adalah berbagai jenis nutrisi yang terkandung dalam Telur puyuh:

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Melihat Sunset di Tegal Jawa Barat, Langit yang Indah

1. Membantu pembentukan tulang dan gigi

Telur puyuh mengandung fosfor, kandungan Telur puyuh ini berfungsi untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, fosfor juga mampu meningkatkan metabolisme dengan mengubah lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi. Dengan begitu, Anda tetap berstamina menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Dalam satu butir telur puyuh mengandung 2 gram protein. Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, protein juga berperan besar dalam pembentukan otot, produksi beragam hormon penting, dan perbaikan jaringan tubuh.

3. Menurunkan resiko penyakit jantung 

Kalium juga merupakan salah satu nutrisi mikro penting yang terkandung dalam telur puyuh. Dalam satu butirnya, terkandung 12 mg kalium. Mineral ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

4. Menurunkan Kolesterol 

Tidak hanya protein, nutrisi makro lain yang menjadi kandungan dalam telur puyuh adalah lemak. Di dalam satu butir telur puyuh terkandung 1 gram lemak. Kabar baiknya, lemak yang terkandung di dalam telur puyuh ini merupakan lemak baik. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir bila ingin mengonsumsi telur puyuh. Lemak baik dalam telur puyuh diketahui baik untuk jantung sekaligus dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Malam di Tangerang yang Menarik untuk Dikunjungi, Kece dan Menarik

5. Menjaga kesehatan tulang

Telur puyuh mengandung mineral yang penting untuk menjaga kesehatan, salah satunya kalsium. Di dalam 100 gram telur puyuh terkandung sekitar 65 mg kalsium. Mineral ini berperan penting untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan saraf, serta mencegah osteoporosis. Itulah beberapa manfaat telur puyuh yang menyehatkan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: