Ini Dia 5 Manfaat Ketan Hitam Yang Baik Bagi Tubuh

Ini Dia 5 Manfaat Ketan Hitam Yang Baik Bagi Tubuh

Manfaat ketan hitam yang baik bagi tubuh -Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Ketan hitam merupakan salah satu jenis beras yang termasuk dalam golongan Oryza sativa. Sebelum dimasak, beras Ketan hitam berwarna hitam. Lalu, setelah dimasak warnanya berubah menjadi keunguan. Warna hitam ini berasal dari pigmen antosianin yang bersifat antioksidan. Selain itu, Ketan hitam juga mengandung nutrisi penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Anda bisa menjadikan Ketan hitam sebagai alternatif bahan pangan guna mendapatkan manfaat Ketan hitam bagi kesehatan. Berikut ini adalah beragam manfaat Ketan hitam bagi kesehatan:

BACA JUGA:Tips Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Mengguntingnya, Jangan Dibiarkan

1. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia. Untuk mencegah kondisi tersebut terjadi pada Anda, Anda bisa mengonsumsi ketan hitam. Pasalnya, ketan hitam diketahui mengandung zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kemampuan ketan hitam ini dikaitkan dengan tingginya kadar antosianin di dalamnya. Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, antosianin juga melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Ketan hitam termasuk ke dalam gandum utuh yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Serat merupakan zat penting dalam menjaga kesehatan usus karena tidak dapat dicerna oleh tubuh. Beras ketan hitam juga memiliki efek probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

4. Mencegah kanker

Ketan hitam juga dapat mencegah munculnya penyakit kanker, seperti kanker payudara. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan antosianin di dalamnya yang bersifat antikanker. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut agar efektivitasnya dapat dipastikan.

BACA JUGA:Tips Alami untuk Menghilangkan Kulit Belang, Perlu Dijaga dan Sering Perawatan

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Hal ini berasal dari kandungan antioksidan flavonoid dan antosianin di dalamnya. Senyawa tersebut dapat mengurangi peradangan dan melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, sehingga risiko terkena penyakit jantung dapat dikurangi. Itulah berbagai manfaat dari ketan hitam yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: