JOSS! Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April untuk Mudik, Bandung - Majalengka 1 Jam

JOSS! Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April untuk Mudik, Bandung - Majalengka 1 Jam

Tol Cisumdawu dijadwalkan beroperasi 15 April untuk melayani mudik dari Bandung ke Majalengka.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

BACA JUGA:Setelah Heboh Antonov, Jokowi Restui Asing Masuk Bandara Kertajati Majalengka

Mengenai status pengoperasian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, menurut menhub, hal tersebut menjadi kewenangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

"Tentu policy tentang fungsional atau efektif berada di Kementerian PUPR.  Fungsional hampir bisa dipastikan, mungkin ada dinamika bergeser 1 sampai 2 hari," kata Menhub, menyampaikan hasil rapat dengan presiden di Istana Negara.

Beroperasinya Tol Cisumdawu pada 15, April 2023 tentu saja hanya berselang beberapa hari dengan arus mudik yang diprediksi terjadi mulai 19, April.

Sebab, presiden sudah meminta agar cuti bersama dimajukan yakni mulai tanggal 19 April. Bahkan, menurut menhub, presiden juga meminta perusahaan khususnya swasta untuk membayarkan THR (tunjangan hari raya) lebih cepat.

BACA JUGA:Punten Moal Dipilih Deui Spanduk Ridwan Kamil Soal Jalan Rusak Rakyat Balangsak Muncul Lagi

"Sehingga kita harapkan tanggal 18 malam, masyarakat sudah mulai mudik. Karena tanggal 19 sudah cuti bersama," ujar Menhub.

Disampaikan Menhub, Jalan Tol Cisumdawu yang dikejar untuk bisa dipakai mudik, diharapkan dapat tercapai.

Target penyelesaian Tol Cisumdawu tersebut lebih cepat dari proyeksi PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Direktur Operasional PT CKJT, Bagus Medi Suarso menyatakan, Tol Cisumdawu diperkirakan pada Bulan April baru selesai konstruksi.

BACA JUGA:TERUNGKAP, Ini Mesin yang Diangkut Pesawat Antonov ke Bandara Kertajati Majalengka, Dibawa ke Cilegon Banten

Kemudian masuk dalam tahap uji laik fungsi (ULF) dan beroperasi fungsional di awal Bulan Mei 2023.

"Seksi 4 sudah selesai, seksi 5 kita kejar tayang karena di situ ada pembangunan jembatan 1,90 kilometer," kata Bagus Medi, dilansir dari publikasi PT BIJB.

Dengan target Tol Cisumdawu yang akan beroperasi 15 April untuk mudik, tentu saja lebih cepat dari proyeksi PT CKJT dan diharapkan dapat tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: