JOSS! Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April untuk Mudik, Bandung - Majalengka 1 Jam

JOSS! Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April untuk Mudik, Bandung - Majalengka 1 Jam

Tol Cisumdawu dijadwalkan beroperasi 15 April untuk melayani mudik dari Bandung ke Majalengka.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu akan beroperasi untuk mudik dengan target 15 April 2023, untuk perjalanan Bandung - Majalengka.

Beroperasinya Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tentu bakal mengurangi beban Tol Purbaleunyi dan jalur arteri Jalan Raya Cirebon Bandung.

Bahkan, perjalanan dari Bandung ke Majalengka pun akan lebih singkat lewat Jalan Tol Cisumdawu yakni sekitar 1 jam saja.

Sebab, jarak antara Cileunyi di Kabupaten Bandung sampai dengan Simpang Susun Dawuan di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, hanya 62 kilometer saja.

BACA JUGA:Kondisi Riil TOL CISUMDAWU yang Ditargetkan Beroperasi 15 April 2023, Yakin Bisa?

Saat ini Jalan Tol Cisumdawu yang sudah beroperasi baru 32,55 kilometer yakni dari Cileunyi sampai dengan Cimalaka atau Seksi 1 sampai 3.

Sedangkan Seksi 4 sampai dengan 6 masih dalam tahap finishing di Seksi 4, konstruksi di Seksi 5 dan sudah selesai di Seksi 6.

Seksi 4 Cimalaka - Legok dengan panjang 8,20 kilometer saat ini sudah memasuki tahap finishing dan dapat beroperasi paling lambat akhir bulan ini.

Berikutnya di Seksi 5 masih dalam tahap konstruksi termasuk pembangunan jembatan di Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Dibuka Total 15 April, Nasib Bandara Kertajati Bagaimana?

Untuk Seksi 6, sudah selesai 100 persen sampai ke Junction Dawuan dan siap untuk digunakan. 

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi usai rapat membahas mudik di Istana Negara menyatakan bahwa Jalan Tol Cisumdawu diperkirakan selesai pada 15 April 2023.

Dia mengakui ada potensi keterlambatan 1 sampai 2 hari, tetapi masih aman, karena diperkirakan arus mudik baru dimulai pada tanggal 18 April malam hari.

"Kabar gembira perlu saya sampaikan. Berfungsinya Jalan Tol Cisumdawu dari Bandung ke Kertajati tanggal 15, April 2023," kata Menteri Perhubungan, di Jakarta, Jumat malam, 23, Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: