Bendera Ukraina Berkibar di Bandara Kertajati Majalengka, Sesaat setelah Pesawat Terbesar di Dunia Mendarat

Bendera Ukraina Berkibar di Bandara Kertajati Majalengka, Sesaat setelah Pesawat Terbesar di Dunia Mendarat

Pesawat Antonov An-124 100 Ruslan mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, nampak pilot mengibarkan bendera Ukraina. -Momochtaufik via Airnav Kertajati-radarmajalengka.com

BACA JUGA:Pilot Kibarkan Bendera Ukraina, Pesawat Antonov AN-124 100 Ruslan Mendarat di BIJB Kertajati

Kehadiran pesawat tersebut rupanya menarik perhatian pecinta aviasi dan juga para content creator yang biasa mendokumentasikan momen-momen di dunia penerbangan.

"Gede banget. Keren sih ternyata Bandara Kertajati bisa nampung pesawat sebesar ini," imbuh Momoch Taufik, mengungkapkan kekagumannya.

Bahkan influencer Avgeek, sekaligus travel addict, Leonardo Edwin sampai jauh-jauh datang dari Jakarta untuk melihat kedatangan pesawat itu.

"Bersama pesawat cargo terbesar di dunia yang masih beroperasi. Banyak lagi yang akan diunggah besok," tulis Leonardo di akun media sosial miliknya.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Pesawat Antonov AN-124 100 Ruslan di Bandara Kertajati Buka Muatan, Gede Banget

Sebelum Pesawat Antonov AN-124 100 Ruslan, pada 30, Desember 2022 juga sempat mendarat di Bandara Kertajati pesawat Ilyushin IL76 milik Silkway.

Sebagai informasi, Antonov An-124 Ruslan adalah Pesawat kedua terbesar di dunia serial produksi pesawat kargo dan ketiga terbesar di dunia operasi pesawat kargo, nomor satu adalah Antonov An-225 (varian besar dari An-124) dan Boeing 747-8F.

An-124 dilengkapi dengan sebuah hidung tergantung-menghadap atas dan sebuah lerengan untuk kemampuan roll-on roll-off loading (pengangkutan). Sebagai tambahan, dua set roda hidung yang dapat direndahkan untuk merendahkan hidung dan memudahkan pengangkutan kargo.. 

Desain An-124 mempunyai full-span leading-edge slats pada sayapnya yang memungkinkan kemampuan take-off jarak pendek. 

BACA JUGA:GEDE BANGET! Pesawat Antonov An-124 100 Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

Roda pendaratannya mempunyai 24 roda sehingga An-124 dapat beroperasi pada medan yang berat. Kompartemen besar untuk 88 penumpang sebagai tambahan pada dek kargo utama dengan total volume 44.725ft3.

Pesawat cargo besar ini, memang beberapa kali singgah di Bandara Kertajati Majalengka. Sebab, dapat menunjang jenis pesawat besar ini. Baik dari sisi panjang runaway hingga fasilitas parkir serta pengisian bahan bakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: