Yuk Kenali Daun Kenikir Yang Jarang Diketahui Namun Kaya Akan Manfaat

Yuk Kenali Daun Kenikir Yang Jarang Diketahui Namun Kaya Akan Manfaat

Manfaat daun kenikir bagi tubuh -Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Daun kenikir sebenarnya merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Latin, tetapi juga bisa ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Daun yang memiliki nama latin Cosmos caudatus ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena mengandung sejumlah nutrisi di dalamnya. Selain sebagai makanan, tanaman ini juga dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan. Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam Daun kenikir, tak heran jika tanaman ini dipercaya memiliki beragam khasiat untuk menunjang kesehatan tubuh. Beberapa manfaat Daun kenikir meliputi:

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat daun kenikir satu ini berasal dari kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Serat dapat memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Hal ini bisa membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

BACA JUGA:Rekomendasi Kue Mochi di Sukabumi, Legit dan Legendaris

2. Mencegah dan mengobati diabetes

Salah satu manfaat daun kenikir yang paling dikenal adalah mengobati dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh karena insulin tidak dapat bekerja dengan efektif.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada ekstrak daun kenikir dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan bahwa daun kenikir efektif sebagai pengobatan kanker.

BACA JUGA:Mengenal Manfaat Rebusan Air Pare Bagi Kesehatan Tubuh

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Daun kenikir memiliki efek diuretik yang mampu menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, daun ini baik dan aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

BACA JUGA:5 Manfaat Air Rebusan Daun Kemangi Yang Bagus Untuk Tubuh

5. Mencegah osteoporosis

Daun kenikir memiliki efek yang baik dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dan kalsium yang terdapat di dalamnya. Itulah manfaat daun kenikir yang jarang diketahui namun sangat bagus untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: