14 HARI LAGI Tol Cisumdawu Fungsional, Bandung Majalengka Cuma 62 Kilometer, Nggak Sampai 1 Jam, Gratis!

14 HARI LAGI Tol Cisumdawu Fungsional, Bandung Majalengka Cuma 62 Kilometer, Nggak Sampai 1 Jam, Gratis!

Tol Cisumdawu akan beroperasi secara fungsional pada akhir Februari 2023 dan Gerbang Tol Ujung Jaya Utama akan dibuka.-BPJT-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - 14 hari lagi Jalan Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi secara fungsional, atau tepatnya pada akhir Februari 2023.

Bahkan, akses Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan masih gratis mulai dari Seksi 2 sampai dengan 6, selama masa uji coba atau fungsional tersebut.

Jarak Tol Cisumdawu tersebut sebenarnya hanya 62 kilometer mulai dari Kabupaten Bandung tepatnya Cileunyi, ke Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Dengan waktu tempuh kurang lebih hanya 45 menit sampai dengan 1 jam saja. Karenanya, akses tol ini akan mempercepat perjalanan dari Bandung ke Majalengka dan Cirebon.

BACA JUGA:MAJALENGKA JADI KOTA, Ada Gerbang Tol Ujung Jaya Utama, Titik Akhir Tol Cisumdawu, Lihat Nih

Sehingga pengendara tidak perlu lagi menggunakan jalur lama dari Tol Cipali dan Cipularang yang membutuhkan waktu 3 jam.

Atau menggunakan Jalur Cadas Pangeran yang membutuhkan waktu lebih kurang 5 hingga 6 jam perjalanan.

Untuk sementara ini, Tol Cisumdawu yang beroperasi dari Seksi 1 sampai dengan 3. Dan hanya di Seksi 1 atau Cileunyi - Pamulihan yang dikenakan tarif.

Sedangkan dari Seksi 2 dan 3 atau Pamulihan - Sumedang - Cimalaka masih belum ditetapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

BACA JUGA:14 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Bandung ke Majalengka Keluar di Gerbang Tol Ini

Terkait dengan target Tol Cisumdawu beroperasi secara fungsional pada akhir Februari 2023 atau hanya menyisakan 14 hari lagi, diungkapkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

“Akhir Februari ditargetkan fungsional. Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” kata Menteri Basuki, saat melakukan kunjungan lapangan di Seksi 4 dan 5, Cimalaka dan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Dikutip dari laporan Kementerian PUPR, Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 km) telah beroperasi sejak Januari 2022 dan sudah dikenakan tarif. Akses ini, terkoneksi langsung ke Jalan Tol Cileunyi untuk masuk ke Bandung. 

Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (4,8 km). Rute ini juga sudah beroperasi, tetapi masih belum dikenakan tarif. Sebab, belum ada keputusan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terkait penetapan tarifnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: