14 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Bandung ke Majalengka Keluar di Gerbang Tol Ini

14 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Bandung ke Majalengka Keluar di Gerbang Tol Ini

Tol Cisumdawu akan beroperasi secara fungsional pada akhir Februari 2023.-BPJT-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pembangunan Tol Cisumdawu tinggal menghitung hari dan diperkirakan akan selesai juga beroperasi secara fungsional pada akhir Februari 2023.

Karena itu, diperkirakan 14 hari lagi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan akan selesai pembangunannya, dan digunakan masyarakat untuk perjalanan Bandung ke Majalengka. 

Nantinya, pengguna jalan yang bergabung ke Tol Cisumdawu via Cileunyi, akan keluar di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama yang merupakan titik akhir Tol Cisumdawu

Kemudian bergabung dengan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) di Km 152 yang berada di wilayah Kecamatan Kertajati.

BACA JUGA:15 HARI LAGI Jalan Tol Terindah di Indonesia Selesai, Bandung ke Majalengka 45 Menit

Sebaliknya, masyarakat dari Cirebon atau Majalengka juga nantinya mengakses Tol Cisumdawu via Km 152 Tol Cipali yang terhubung via Junction Dawuan.

Selanjutnya masuk via Gerbang Tol Ujung Jaya Utama dan melintasi Jalan Tol Cisumdawu untuk sampai ke Bandung.

Diproyeksikan perjalanan Majalengka Bandung hanya perlu 45 menit sampai 1 jam saja. Sedangkan dari Cirebon diperkirakan sekitar 90 menit saja. 

Menteri Basuki juga terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:6 Fakta Progres TOL CISUMDAWU yang Katanya Nyambung ke Majalengka Akhir Februari, Simak Baik-baik

Terutama di Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km) dan Seksi 5A dan 5B Legok - Ujung Jaya (14,9 km) yang ditargetkan akhir Februari dapat beroperasi fungsional.

"Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terliha," kata Menteri Basuki. "Sementara Seksi 5A dan 5B untuk memperhatikan kerapihan dan manajemen waktunya," pesan Menteri Basuki.

Dikutip dari laporan Kementerian PUPR, Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 km) telah beroperasi sejak Januari 2022 dan sudah dikenakan tarif. Akses ini, terkoneksi langsung ke Jalan Tol Cileunyi untuk masuk ke Bandung. 

Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (4,8 km). Rute ini juga sudah beroperasi, tetapi masih belum dikenakan tarif. Sebab, belum ada keputusan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terkait penetapan tarifnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: