Kalau Lokasi Ini Selesai, Tol Cisumdawu Tersambung Bandung - Kertajati

Kalau Lokasi Ini Selesai, Tol Cisumdawu Tersambung Bandung - Kertajati

Tol Cisumdawu diperkirakan akan tersambung dari Bandung sampai Kertajati pada akhir Mei 2023.-Rochamedia/Youtube-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Sejumlah lokasi di Tol Cisumdawu hampir selesai pengerjaannya, dan terdapat beberapa titik krusial yang belum tersambung antara ruas Jalur B Bandung - Kertajati.

Pada arus mudik lebaran 2023, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang digunakan secara fungsional baru sebatas di Jalur A mulai Seksi 4 sampai dengan 6.

Sedangkan pada Jalur B Jalan Tol Cisumdawu, sampai dengan saat ini masih dalam tahap konstruksi terutama di Seksi 5 Legok - Conggeang.

Berbeda dengan di Seksi 4 dan 6, keseluruhan jalan sudah rampung dan bisa dilewati kendaraan baik di Jalur A dan B.

BACA JUGA:VIRAL! Rumah Mewah Penjual Batagor di Malausma Majalengka, Habis Rp 700 Juta

Karenanya, terdapat beberapa lokasi yang sangat menentukan Tol Cisumdawu tersambung mulai dari Bandung sampai dengan Kertajati Majalengka.

Salah satu titik krusial adalah Jembatan Gunung Puyuh yang baru saja selesai tahap pemasangan lantai jembatan dilanjutkan pengecoran.

Ruas ini, hanya tersisa sedikit lagi untuk pengaspalan dan 100 persen selesai, serta bisa digunakan untuk beroperasi.

Tapi, di sekitar Jembatan Gunung Puyuh tepatnya STA 51.000+200 masih terdapat badan jalan yang belum dilakukan pembetonan.

BACA JUGA:3 Tempat Wisata Majalengka yang Wajib Dikunjungi, Simak Rekomendasi dari Wonderful Indonesia

Besar kemungkinan Jalur B pada area ini belum dibeton, karena sebelumnya digunakan untuk peralatan konstruksi.

Kemudian terdapat juga penguatan tanah urugan di Seksi 5B Desa Babakan Asem setelah Jembatan Gunung Puyuh di Jalur A. Dan terdapat penguatan struktur di Jalur B STA 52+000.

Lokasi yang paling krusial adalah STA 40+200 yang merupakan area pemasangan geofoam. Pada lokasi ini, dilakukan pemasangan material ringan untuk pengganti urugan.

Saat ini, masih dilakukan instalasi geofoam yang nantinya akan dilanjutkan untuk pengecoran badan jalan hingga tahap rigid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: