Libur Lebaran, TOL CISUMDAWU Berubah dari Jalur Mudik Jadi Wisata

Libur Lebaran, TOL CISUMDAWU Berubah dari Jalur Mudik Jadi Wisata

Tol Cisumdawu saat libur lebaran diprediksi bakal dipakai masyarakat untuk menuju ke tempat wisata di Sumedang dan sekitarnya.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

BACA JUGA:SERING DIBANDINGKAN dengan Bali, 3 Wisata Terasering Ini Ada di Majalengka Loh

Seperti diketahui, terdapat sejumlah destinasi wisata di sepanjang gerbang tol Cisumdawu yang sudah beroperasi penuh di Seksi 1 sampai dengan 3.

Setelah masuk Gerbang Tol Cileunyi, yang pertama ditemukan adalah Gerbang Tol Jatinangor. Dari sini, bisa menuju ke Giri Graha Golf Sumedang. 

Selain untuk bermain golf atau driving range, juga tersedia resort yang cocok untuk membawa keluarga sekadar staycation di area Jatinangor.

Ada juga Jatinangor National Park atau Jans Park yang sekarang ini sedang populer bagi wisata keluarga ataupun anak-anak. Tersedia beragam wahana seru uang bisa dicoba. 

BACA JUGA:HORE! Setelah Dipakai Mudik, TOL CISUMDAWU Ditarget Selesai Akhir Mei

Akses keluar berikutnya ada di Km 166 untuk ke arah Pamulihan - Rancakalong - Tanjungsari. Di area ini, ada Sentra Ubi Cilembu yang bisa jati buah tangan. Kemudian ada destinasi wisata Geo Theater Rancakalong. 

Geo Theater yang dibangun oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat untuk pengembangan sektor wisata seni dan budaya tersebut kini mulai dilirik pengunjung baik lokal maupun luar daerah. 

Kawasan Geo Theater memiliki view yang menawan. Dari kawasan ini akan tampak keindahan kawasan kota Sumedang dan terlihat lebih indah jika dilihat saat malam hari.

Berikutnya adalah kilometer 183 yang merupakan akses keluar ke Sumedang, Darmaraja dan Wado. Di sekitar akses keluar ini, ada wisata Kampung Toga dan Museum Sri Manganti.

BACA JUGA:Deretan Ikon Khas Perjalanan Mudik di Tol Trans Jawa, Ada yang di Majalengka Loh

Gedung Sri Manganti yang sangat bersejarah bagi Kabupaten Sumedang. Bupati dan keluarga yang pernah menempati Gedung Srimanganti.

Antara lain Pangeran  Kornel, Pangeran Sugih, Pangeran Mekah dan Dalem Bintang. Pada tahun 1942 Srimanganti tidak lagi digunakan sebagai rumah tinggal Bupati. 

Lokasi dari Kampung Toga sendiri berada di Jl. Kampung Toga, Sukajaya, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kampung Toga sendiri berada di tidak jauh dari pusat kota Sumedang, karena hanya berjarak kurang lebih 2 km.

Terdapat banyak spot dan wahana yang bisa dijajal di Kampung Toga. Termasuk permainan anak hingga kolam renang. Sehingga cocok untuk membawa keluarga ke tempat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: