HORE! Setelah Dipakai Mudik, TOL CISUMDAWU Ditarget Selesai Akhir Mei

HORE! Setelah Dipakai Mudik, TOL CISUMDAWU Ditarget Selesai Akhir Mei

Tol Cisumdawu ditargetkan selesai seluruhnya pada Mei 2023.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Setelah dipakai mudik lebaran dengan sebagian ruas yang beroperasi secara fungsional, Tol Cisumdawu ditargetkan selesai seluruhnya pada akhir Mei 2023.

Target Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dapat beroperasi penuh itu, disampaikan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono

Menurut Basuki, akhir Mei 2023 nanti Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan dapat menghubungkan antara Bandung dengan Majalengka juga Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Hal serupa menjadi target dari PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku badan usaha jalan tol pemilik konsesi dari Tol Cisumdawu. Pada proyeksi perusahaan, ditargetkan tuntas seluruhnya pada akhir Mei.

BACA JUGA:Puncak Arus Mudik di TOL CISUMDAWU Terindikasi Sudah Terlewati, Lalu Lintas Terpantau Lengang Pagi Ini

Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, Bagus Medi Suarso menjelaskan, Tol Cisumdawu seluruh konstruksi ditargetkan selesai pada April 2023. Kemudian beroperasi fungsional pada awak Mei dan diharapkan di akhir bulan tersebut sudah dikenakan tarif. 

"Kalau kita sih BUAT inginnya langsung bertarif. Tapi biasanya fungsional dulu, baru setelah itu bertarif. Kita ikut apa yang jadi ketentuan pemerintah," kata Bagus Medi, belum lama ini. 

Kendati demikian, target tersebut sepertinya akan bergeser. Mengingat konstruksi Tol Cisumdawu praktis berhenti selama arus mudik dan balik lebaran 2023.

Bahkan, arus balik Idul Fitri diprediksi baru selesai pada 29 April nanti. Diperkirakan setelahnya konstruksi Tol Cisumdawu baru dilanjutkan kembali. 

BACA JUGA:Situasi Arus Mudik Lebaran di TOL CISUMDAWU Hari Ini, Cuaca Berkabut, Lalu Lintas Terpantau Lengang

Sebab, terdapat beberapa area pembangunan  yang masih belum selesai di Seksi 5A dan 5B yang berada di wilayah Kecamatan Conggeang. 

Dilansir dari monitoring progres harian PT Adhi Karya yang mengerjakan Seksi 5A Jalan Tol Cisumdawu, secara keseluruhan progres konstruksi STA 39+050 sampai 46+500 sudah mencapai 87 persen.

Konstruksi yang menggunakan geofoam di sisi kiri sudah diselesaikan sampai pengecoran lane concrete untuk menunjang arus mudik.

Sedangkan trase sisi kanan akan dikerjakan setelah lebaran, karena masih terdapat beberapa lokasi yang masih belum selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: