PENAMPAKAN Gerbang Tol Ujung Jaya Utama TOL CISUMDAWU dari Majalengka, Siap Dipakai Mudik

PENAMPAKAN Gerbang Tol Ujung Jaya Utama TOL CISUMDAWU dari Majalengka, Siap Dipakai Mudik

Gerbang Tol Ujung Jaya Utama akses keluar Tol Cisumdawu ke Majalengka. -Istimewa-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Gerbang Tol Ujung Jaya Utama akan menjadi akses keluar dari Tol Cisumdawu ke arah Kabupaten MAJALENGKA, Jawa Barat. 

Gerbang Tol Ujung Jaya Utama berada pada Seksi 6 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang berada di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang.

Setelah akses gerbang tol ini, Jalan Tol Cisumdawu terhubung dengan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) via Junction Dawuan di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. 

Konstruksi di Seksi 6 ini, sudah selesai dan dapat dilewati kendaraan sejak Desember 2022. Tetapi belum beroperasi karena belum terhubung ke Seksi 5 di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. 

BACA JUGA:Gara-gara Jalan Rusak, Ridwan Kamil Ditagih Jamu Alias Jalan Mulus

Saat arus mudik lebaran 2023, Tol Cisumdawu yang akan dioperasikan secara fungsional mulai Seksi 4 sampai dengan 6, tentunya akan menjadi yang pertama kalinya penggunaan gerbang tol otomatis (GTO) ini. 

Seperti diketahui, meski bernama Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, sesungguhnya ruas bebas hambatan sepanjang 62,60 kilometer ini, tidak sampai ke Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Posisi akhir gerbang Tol Cisumdawu ada di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang. Sedangkan untuk tetap mempertahankan nama Dawuan, digunakanlah penamaan tersebut pada simpang susun akhir jalan tol. 

Simpang Susun atau Junction itu, diberi nama Dawuan meski lokasinya berada di wilayah Kecamatan Kertajati.

BACA JUGA:Bukan Hanya TikTok Jedag Jedug Jalan Rusak Jawa Barat Disorot, Ridwan Kamil: Tahun Ini Fokus ke Jalan

Akses ini sangat penting karena menjadi penghubung lalu lintas dari arah Bandung via Tol Cisumdawu ke Tol Cipali. Sekaligus menjadi pertemuan antara lalu lintas dari arah Jakarta dengan Bandung.

Seperti diketahui, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) memproyeksikan seluruh konstruksi dari Tol Cisumdawu selesai pada April 2023.

Target ini bergeser dari sebelumnya yakni Maret, sehubungan dengan belum tercapainya progres konstruksi yang diharapkan. Termasuk kejadian longsor yang ada di Seksi 5B.

Sampai dengan saat ini, Tol Cisumdawu masih dalam tahap konstruksi di Seksi 5, sedangkan di Seksi 4 dan 6 sudah selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: