Gara-gara Jalan Rusak, Ridwan Kamil Ditagih Jamu Alias Jalan Mulus

Gara-gara Jalan Rusak, Ridwan Kamil Ditagih Jamu Alias Jalan Mulus

Jamu atau Jalan Mulus yang menjadi program Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil kembali diungkit di tengah banyaknya kerusakan jalan.-Ridwan Kamil/Ig-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum, memiliki program Jamu atau Jalan Mulus yang sudah diluncurkan sejak tahun 2018.

Program Jamu adalah kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR).

"Tolong netizen tuliskan d kolom komentar nama desa lengkap dengan kecamatan dan kabuptennya dan berapa meter jalan yang perlu diaspalnya," tulis Ridwan Kamil pada 4, Desember 2018.

"Bisa desa tempat tinggalnya, desa tempat mudiknya atau desa mantan terindahnya," sambung Kang Emil.

BACA JUGA:Bukan Hanya TikTok Jedag Jedug Jalan Rusak Jawa Barat Disorot, Ridwan Kamil: Tahun Ini Fokus ke Jalan

Adanya program Jamu tersebut kini ditagih lantaran di beberapa ruas jalan berstatus kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, mengalami kerusakan.

Meski sudah mengalokasikan perbaikan untuk 71 ruas jalan, protes masih tetap bermunculan baik lewat spanduk maupun media sosial.

Terkait beragam protes di media sosial maupun lewat media luar ruang, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun menyampaikan klarifikasi terkait rencana perbaikan jalan di sejumlah daerah.

Dijelaskan Kang Emil, program perbaikan jalan 2 tahun tertunda karena anggaran infrastruktur yang tergeser untuk bantuan sosial Covid 19.

BACA JUGA:Pak Uu Membela Ridwan Kamil Soal Jalan Rusak, Bawa-bawa Waktu Sholat, Oh Ternyata..

"Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan di Jawa Barat segera diperbaiki. Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek," tulis Kang Emil di Instagram miliknya yang dikutip radarmajalengka.com, Rabu, 22, Maret 2023.

Menurut Kang Emil, pengerjaan terhadap 71 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemdaprov Jabar terbagi dalam tiga klasifikasi yaitu pemeliharaan berkala, rekonstruksi, dan peningkatan jalan.

71 ruas jalan tersebut dibagi dalam 69 paket pekerjaan dan sebagian besar masuk dalam klasifikasi pemeliharaan berkala.

Kebanyakan dari total panjang ruas jalan 353,822 kilometer yang diperbaiki itu, klasifikasinya adalah pemeliharaan berkala, pelapisan kembali atau overlay dengan hotmiks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: