UPDATE! PT CKJT Ungkap Ada 1,90 Kilometer Jembatan di TOL CISUMDAWU Dekat Majalengka, Pantas Lama

UPDATE! PT CKJT Ungkap Ada 1,90 Kilometer Jembatan di TOL CISUMDAWU Dekat Majalengka, Pantas Lama

Jembatan Tol Cisumdawu di Seksi 5 memiliki total panjang 1,90 km. -Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyebut bahwa pembangunan Tol Cisumdawu di Seksi 5 cukup rumit, dan hingga kini masih proses konstruksi.

Seksi 5 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan berada di Kecamatan Conggeang, dan berbatasan dengan Seksi 6 Ujung Jaya yang merupakan titik akhir Tol Cisumdawu ke Majalengka.

Pada ruas Jalan Tol Cisumdawu tersebut, terdapat jembatan dengan total panjang 1,90 kilometer termasuk yang saat ini baru dibangun untuk menangani longsor.

Karena itu, PT CKJT selalu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mengungkapkan bahwa pekerjaan konstruksi diprediksi baru beres pada April 2023 dan selanjutnya beroperasi secara fungsional di  Bulan Mei.

BACA JUGA:KABAR TERBARU TOL CISUMDAWU: Target Mundur ke Mei, Nggak Jadi Mudik Lebaran Dong?

"Seksi 5 kita kejar tayang karena ada jembatan dengan total 1,90 kilometer," kata Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, dilansir dari publikasi PT BIJB, Kamis, 16, Maret 2023.

Bagus Medi tidak merinci panjang masing-masing jembatan. Namun seperti yang diketahui selama ini, Tol Cisumdawu memiliki 2 jembatan terpanjang yang berada di Seksi 5.

Yakni, Jembatan Conggeang dengan panjang 636 meter di Seksi 5A dan Jembatan Kedondong dengan panjang 744 meter di Seksi 5B.

Menyusul yang baru dibangun adalah Jembatan Ungkal sepanjang kurang lebih 520 meter di atas Underpass Ungkal.

BACA JUGA:GAGAL LAGI! Penerbangan Domestik di Bandara Kertajati Dipastikan Ditunda, Target TOL CISUMDAWU Mundur

Jembatan tersebut dibangun sebagai penanganan longsor yang terjadi di akhir Bulan Februari 2023. Lantaran area longsoran yang sangat labil dan terus bergerak.

Bagus Medi menjelaskan, progres konstruksi terbaru di Tol Cisumdawu, seksi 4 sudah berhasil diselesaikan. Tetapi, Seksi 5 sampai dengan sekarang masih belum selesai karena adanya pembangunan 3 jembatan dengan total panjang 1,90 kilometer. 

"Sekarang ini Seksi 1, Seksi 2 dan Seksi 3 total sepanjang 32,55 kilometer sudah beroperasi penuh. Tinggal Seksi 5 sedang kejar tayang," kata Bagus Medi, dilansir dari publikasi PT BIJB, Rabu, 15, Maret 2023.

Bagus menambahkan, sesuai proyeksi dari PT CKJT, Tol Cisumdawu konstruksi akan rampung pada April 2023 seluruhnya. Kemudian beroperasi fungsional pasa awal Mei dan pada akhir bulan yang sama sudah dikenakan tarif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: