Menanti Kereta Cepat Jakarta Bandung Sampai Majalengka, Jalurnya di Sebelah Tol Cisumdawu

Menanti Kereta Cepat Jakarta Bandung Sampai Majalengka, Jalurnya di Sebelah Tol Cisumdawu

Desain salah satu Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung yang juga direncanakan sampai ke Majalengka.-KCIC-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Kereta Cepat Jakarta Bandung ditargetkan akan beroperasi pada Juni 2023, dengan sejumlah stasiun yang kini sudah terbangun.

Proyek kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dengan Bandung itu, juga diwacanakan akan dibangun sampai ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Bahkan, diwacanakan pembangunannya juga akan dilanjutkan ke Yogyakarta dan berakhir di Surabaya.

Proyeksi waktu tempuh perjalanan Jakarta - Surabaya via kereta cepat ini, hanya 4 jam saja. Dan tentunya bila sampai Kabupaten Majalengka, kemungkinan tidak sampai 2 jam.

BACA JUGA:Meski Terjadi Longsor, TOL CISUMDAWU Tetap Ditargetkan Dipakai Mudik, Simak Kata-kata Basuki Hadimuljono

Saat uji coba kereta cepat beberapa waktu lalu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, perencanaan kereta cepat tersebut memang tidak hanya antara Jakarta dan Bandung.

"Jadi rencana itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto, Jogja, Solo, Madiun, Surabaya," kata Budi Karya, di Seminar Sustainable Smart Transportation, yang diselenggarakan Oktober 2022.

Ditambahkan Budi, pembangunan kereta cepat Jakarta - Bandung hanya tahap pertama. Selanjutnya tahap kedua adalah sampai ke Kertajati, Majalengka.

Sebab, pembangunan dari Jakarta ke Bandung tersebut hanya meletakan dasar dari kereta cepat di Indonesia. Sehingga jaringan ini, nantinya akan terus berkembang sampai Surabaya.

BACA JUGA:KEREN! Genjot Wisata ke Sumedang, Minta Pengelola TOL CISUMDAWU Pasang Reklame Promosi

Dia menyampaikan, dengan adanya infastruktur ini, perjalanan dari Jakarta sampai ke Surabaya hanya butuh waktu 4 jam saja.

"Kita yakin bahwa ini akan kita bangun Jakarta - Surabaya, bayangkan 4 jam," tutur Budi, masih di acara tersebut.

Rencana Jalur Kereta Cepat ke Kertajati

Sementara itu, rencana untuk adanya kereta cepat sampai ke Bandara Kertajati Majalengka, sebenarnya sudah diutarakan sejak tahun 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: