Meski Terjadi Longsor, TOL CISUMDAWU Tetap Ditargetkan Dipakai Mudik, Simak Kata-kata Basuki Hadimuljono

Meski Terjadi Longsor, TOL CISUMDAWU Tetap Ditargetkan Dipakai Mudik, Simak Kata-kata Basuki Hadimuljono

Meski terjadi longsor, Tol Cisumdawu ditargetkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dapat dipakai untuk mudik.-Ist-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Meski mengalami longsor di Seksi 5B, Tol Cisumdawu tetap ditargetkan untuk dapat dipakai mudik Idul Fitri 2023.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menargetkan seluruh ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dapat dipakai pada 15, April 2023.

Atau pada mudik lebaran nanti, Seksi 4, 5 dan 6 Jalan Tol Cisumdawu masih beroperasi fungsional alias dalam masa uji coba dan belum dikejakan tarif.

Menurut Basuki, sebetulnya pembangunan Tol Cisumdawu sudah hampir selesai meski target untuk tersambung dari Seksi 1 sampai dengan 6 pada akhir Februari 2023 gagal tercapai.

BACA JUGA:KEREN! Genjot Wisata ke Sumedang, Minta Pengelola TOL CISUMDAWU Pasang Reklame Promosi

Tetapi, di tengah penyelesaian pekerjaan tersebut, terjadi hal yang tidak diduga sebelumnya yakni longsor di Seksi 5B dekat Underpass Ungkal.

Lokasi longsor tersebut, sebenarnya sudah dekat ke Ujung Jaya yang merupakan ruas akhir dari Tol Cisumdawu dan sudah selesai konstruksi.

"Makanya ada perubahan konstruksi. Bagian yang longsor akan dibangun jembatan," kata Basuki di Bandung, Senin, 6, Maret 2023.

Perubahan konstruksi tersebut, tentu saja menambah waktu pengerjaan Tol Cisumdawu yang sebelumnya ditargetkan selesai Februari atau paling lambat Maret.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Gagal Tersambung ke Majalengka, Rupanya Masalahnya di Sini, Oh Ternyata

Tetapi, Basuki tetap yakin bahwa pada 15, April 2023, pembangunan Tol Cisumdawu sudah selesai seluruhnya dan dapat dipakai oleh masyarakat yang hendak mudik baik dari Bandung atau sebaliknya.

"Saya inginkan sebelum lebaran bisa dipakai untuk mudik, bisa," kata Basuki, kepada wartawan, seperti dilansir radarmajalengka.com dari Antara.

Terkait alasan pembangunan jembatan di lokasi longsor, Basuki menyebut, tanah di daerah tersebut terus bergerak.

Sehingga tidak memungkinkan langsung dibangun struktur jalan di atasnya. Bahkan, di area sekitar longsor juga akan diperkuat dengan konstruksi agar menjadi stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: