ALHAMDULILLAH, Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji, 7.690 Jamaah Siap Berangkat dari Majalengka

ALHAMDULILLAH, Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji, 7.690 Jamaah Siap Berangkat dari Majalengka

Bandara Kertajati atau BIJB di Kabupaten Majalengka akan menjadi embarkasi haji 2023 untuk jamaah haji dari Ciayumajakuning.-Airnav Kertajati-radarmajalengka.com

BACA JUGA:Mulai 7 Februari Polres Majalengka akan Tindak 7 Jenis Pelanggaran

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat, Boy Hari Novian mengatakan, saat ini Bandara Kertajati telah dikoordinasikan melakukan penerbangan jamaah haji sebanyak 7.690 orang yang berasal dari Ciayumajakuning.

Rencananya, terdapat 19 kali penerbangan yang dilakukan mengacu pada jadwal dari Kementerian Agama RI.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan kesiapannya mendukung Bandara Kertajati sebagai embarkasi dan debarkasi haji untuk tahun 2023.

"Siap, kan dari dulu juga siap. Yang tidak siap Tol Cisumdawu," ujar Ridwan Kamil, dilansir dari siaran pers BIJB, Kamis, 9, Februari 2023.

BACA JUGA:Jalan Longsor Belum Diperbaiki, Warga Bangun Pos Gatur Hindari Kecelakaan

Terkait dengan Asrama Haji, Kang Emil mengaku sudah membahas dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Haji dan disampaikan bahwa hanya perlu perbaikan kecil di Asrama Haji Jawa Barat di Kabupaten Indramayu.

Seperti diketahui, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu diperkirakan selesai pada Maret 2023. Bahkan, akan digunakan untuk lalu lintas mudik dan arus balik lebaran.

Saat ini, pekerjaan di Tol Cisumdawu hanya menyisakan di Seksi 4 dan 5 yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka dan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Bila kedua seksi ini dapat dituntaskan dengan tepat waktu, tentu saja target Tol Cisumdawu beroperasi pada Maret 2023 bakal terlaksana.

BACA JUGA:Membuktikan Bahwa Bandara Kertajati Majalengka seperti Kualanamu di Medan, Ternyata Tony Fernandes Benar

Meski menurut pengelola, ada beberapa fasilitas penunjang yang mungkin belum selesai. Misalnya pembangunan rest area yang dilaporkan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) saat ini baru 6 persen.

Karenanya, kesiapan Tol Cisumdawu tersebut akan menunjang juga penerbangan jamaah haji dari Ciayumajakuning dari Bandara Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: