HORE, Tol Cisumdawu Beres, Penerbangan Haji Jawa Barat dari Bandara Kertajati, Ridwan Kamil: Saya Ikut Rapat

HORE, Tol Cisumdawu Beres, Penerbangan Haji Jawa Barat dari Bandara Kertajati, Ridwan Kamil: Saya Ikut Rapat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkap rencana penerbangan haji dari Bandara Kertajati setelah Tol Cisumdawu beroperasi.-Dedi Haryadi-radarmajalengka.com

CIREBON, RADARMAJALENGKA.COM - Penerbangan jamaah haji Jawa Barat diharapkan sudah bisa dilaksanakan dari Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, tentunya setelah Tol Cisumdawu beroperasi.

Bahkan, untuk mempersiapkan penerbangan jamaah haji dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, Gubernur Ridwan Kamil mengaku sudah rapat dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Haji Kementerian Agama (Kemenag).

Menurut Kang Emil, bila Tol Cisumdawu sudah beroperasi dan Bandara Kertajati dibuka lagi, penerbangan haji dan umrah tidak perlu lagi dari Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng.

"Sudah, saya ikut rapat dengan Dirjen Haji," kata Kang Emil, terkait persiapan penerbangan jamaah haji Jawa Barat dari Bandara Kertajati, kepada wartawan di Kota Cirebon, Selasa, 7, Februari 2023.

BACA JUGA:KABAR TERBARU: Tol Cisumdawu 1 Bulan Lagi Dibuka, Haji dan Umrah Lewat Bandara Kertajati

Tidak hanya penerbangan haji, Kang Emil juga berharap agar begitu dibuka Bandara Kertajati bisa langsung ramai dengan penerbangan penumpang.

Apalagi, saat ini akses menuju ke Kertajati dengan adanya Tol Cisumdawu sudah semakin mudah dan ke Cirebon pun hanya butuh waktu 1 jam.

Dalam pernyataan sebelumnya di Gedung Pakuan, Kang Emil menyatakan bahwa potensi jamaah umrah dan haji di Jawa Barat mencapai 70 ribu per tahun.

Karena itu, dirinya akan berusaha agar 70 ribu jamaah tersebut dapat diterbangkan dari Bandara Kertajati, tanpa harus jauh-jauh ke Bandar Udara Soetta di Cengkareng.

BACA JUGA:Akibat Jalan Rusak di Majalengka, Banyak Sepeda Motor Masuk Bengkel

Terkait dengan beroperasinya Tol Cisumdawu, Kang Emil menyampaikan, berdasarkan laporan dari Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), 1 bulan ke depan atau Maret 2023 sudah bisa dibuka.

Setelah Tol Cisumdawu dibuka, Kang Emil berharap agar langsung dapat memberikan dampak ekonomi bagi wilayah Cirebon dan sekitarnya.

"Cisumdawu akan segera dibuka, 1 bulan lagi dari laporan Pak Menteri," kata Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, setelah Tol Cisumdawu dibuka tentunya Bandara Kertajati akan aktif, dan untuk awal pembukaan ini, Cirebon yang akan mendapatkan keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: