KABAR TERBARU: Tol Cisumdawu 1 Bulan Lagi Dibuka, Haji dan Umrah Lewat Bandara Kertajati

KABAR TERBARU: Tol Cisumdawu 1 Bulan Lagi Dibuka, Haji dan Umrah Lewat Bandara Kertajati

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Tol Cisumdawu 1 bulan lagi beroperasi dan Bandara Kertajati juga akan kembali dibuka.-Dedi Haryadi-radarmajalengka.com

CIREBON, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cisumdawu 1 bulan lagi akan dibuka dan diharapkan langsung memberikan dampak pada perekonomian di wilayah Majalengka, CIREBON dan sekitarnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, berdasarkan laporan dari Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu akan selesai pada 1 bulan ke depan atau Maret 2023.

Setelah Tol Cisumdawu dibuka, Kang Emil berharap agar langsung dapat memberikan dampak ekonomi. Tidak hanya itu, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka juga bisa langsung aktif.

"Cisumdawu akan segera dibuka, 1 bulan lagi dari laporan Pak Menteri," kata Kang Emil, di sela kunjungannya ke Kota Cirebon, Selasa, 7, Februari 2023.

BACA JUGA:Kapolres Majalengka Tegaskan Isu Penculikan Hoax

Kang Emil menambahkan, setelah Tol Cisumdawu dibuka tentunya Bandara Kertajati akan aktif, dan untuk awal pembukaan ini, Cirebon yang akan mendapatkan keuntungan.

"Orang Cirebon kalau ke Bandung cukup 1 jam. Tidak usah 3 jam lagi muter lewat Cipali atau 6 jam lewat jalur lama ke Sumedang. Sehingga ini pasti akan meningkatkan ekonomi," katanya.

Terkait dibukanya kembali Bandara Kertajati pasca Tol Cisumdawu selesai, Kang Emil berharap agar bandar udara tersebut bisa langsung ramai dan melayani penerbangan penumpang.

Apalagi sudah terhubung antara Bandung dengan Kabupaten Majalengka dan Cirebon. Sehingga perjalanan menjadi lebih singkat.

BACA JUGA:Akibat Jalan Rusak di Majalengka, Banyak Sepeda Motor Masuk Bengkel

"Harapannya langsung rame, ekonomi meningkat, haji umrah juga nggak usah ke Cengkareng lagi," tandas Kang Emil, mengungkapkan harapannya.

Terkait kepastian pemberangkatan Jamaah Haji Jawa Barat dan umrah dari Bandara Kertajati, Kang Emil memastikan akan segera dilakukan.

Apalagi, dirinya sudah mengikuti rapat dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Haji Kementerian Agama (Kemenag). "Sudah (dipastikan Jamaah Haji dari Bandara Kertajati) saya ikut rapat dengan Dirjen Haji," ungkapnya.

Disampaikan Kang Emil, Kota Cirebon harus berbenah khususnya ekonomi kreatif dan pariwisata. Sebab, setelah beroperasinya Tol Cisumdawu akan mendapatkan banyak keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: