Rasa Pesimis Simon McMenemy Terhadap Timnas Indonesia, Namun Kini Berubah Jadi Optimis Berkat Shin Tae-yong!

Rasa Pesimis Simon McMenemy Terhadap Timnas Indonesia, Namun Kini Berubah Jadi Optimis Berkat Shin Tae-yong!

Potret Simon McMenemy (atas) dan Shin Tae-yong STY (bawah).-Google Chrome - Tangkapan Layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Pelatih Timnas Indonesia periode 2018-2019 atau pelatih timnas sebelum STY yang bernama Simon McMenemy, ia selaku pelatih Timnas Indonesia namun memiliki perasaan yang pesimistis terhadap perkembangan performa Timnas Indonesia.

Simon McMenemy juga bisa dibilang sebagai pelatih Timnas Indonesia dengan karir tersingkat, ia didapuk menjadi pelatih pada Desember 2018 hingga November 2019, sebelum akhirnya dipecat karena dianggap tidak bisa memberi target yang signifikan terhadap perkembangan performa Timnas Indonesia. Pun dengan pelatih Timnas Indonesia yang bernama Pieter Huistra yang menjabat cukup singkat untuk periode 2014 hingga 2015, dan yang ternama menjabat adalah pelatih Timnas Indonesia saat ini dari tahun 2019, yakni Shin Tae-yong atau STY.

Bisa dibilang pada saat Timnas Indonesia dibawah asuhan pelatih Simon McMenemy ini, jarang memenangkan pertandingan, tercatat hanya memenangkan dua kali pertandingan saja, di di perjalanan untuk tujuan pertandingan, lima sisanya Timnas Indonesia tidak memenangkan pertandingan. Dan sekarang Simon McMenemy sudah tidak jadi pelatih Timnas Indonesia lagi tercatat pada tahun 2019 dan digantikan oleh STY.

Namun keadaan pesimistis dari pelatih Simon McMenemy mampu berhasil diganti menjadi optimistis oleh pelatih Shin Tae-yong yang mampu memberikan perubahan besar terhadap perkembangan Timnas Indonesia, bahkan baru-baru ini mampu membawa Timnas Indonesia melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

BACA JUGA:AKHIRNYA! Hasil Akhir Laga Indonesia VS Korea Selatan, Dimenangkan Oleh Indonesia Melalui Adu Penalti 11-10

Dilansir dari Wikipedia Simon McMenemy sendiri membawa Timnas Indonesia pada tujuh pertandingan, namun hanya memenangkan dua pertandingan saja, yaitu pada saat Indonesia VS Myanmar (2-0) dan Indonesia VS Vanuatu (6-0), Timnas Indonesia hanya mampu memenangkan laga kontra melawan tim yang lemah untuk performa nya.

Di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2020 Grup G Zona Asia, Timnas Indonesia tidak pernah menang dalam empat pertandingan melawan Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam, di bawah asuhan pelatih Simon McMenemy yang berimbas pada pemecatannya karena tidak membawa perubahan positif terhadap perkembangan Timnas Indonesia. 

Simon McMenemy pernah berujar bahwa Timnas Indonesia akan sulit memenangkan pertandingan melawan Thailand, ia menuturkan hal pesimistis seperti ini “Suporter punya ekspektasi besar agar Indonesia mengalahkan Thailand, tapi ekspektasi suporter tidak realistis,” kata Simon McMenemy setelah Timnas Indonesia kalah 0-3 dari Thailand. Ia berpendapat jika Timnas Indonesia menang melawan Thailand itu adalah hal yang tidak realistis. 

Pada akhirnya setelah Simon McMenemy dipecat, pelatih baru Indonesia asal Korea Selatan yang berada Shin Tae-yong ini mampu menggebrak dan mendongkrak kinerja dan performa Timnas Indonesia, bahkan mampu membawa Indonesia ke babak yang sebelumnya tidak pernah diraih.

BACA JUGA:Sang Penyair Kini Telah Pergi, Joko Pinurbo Telah Abadi, Berikut Karya Puisi Beliau yang Menyentuh Hati 

Keberadaan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia ini merupakan angin segar bagi para pemain, serta suporter bola Indonesia, pasalnya dibawah asuhan pelatih Shin Tae-yong ini Timnas Indonesia mampu memenangkan banyak pertandingan, dan mampu mengubah persepsi pesimistis dari Simon McMenemy selaku pelatih sebelumnya menjadi optimistis dibawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. 

Pelan-pelan di bawah asuhan Pelatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia muncul menjadi kekuatan baru di persepakbolaan Asia. Shin Tae-yong berhasil mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, atau yang pertama dalam 16 tahun terakhir. Shin Tae-yong juga membawa Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 atau yang pertama dalam sejarah! Satu lagi, skuad Garuda selangkah lagi lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus mengambil tempat di Piala Asia 2027!

Hal lebih hebat lagi tercipta di Piala Asia U-23 2024. Berstatus sebagai tim debutan, Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong lolos ke babak semifinal! Dalam perjalannnya ke semifinal, Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Australia U-23 (1-0), Yordania U-23 (4-1) dan Korea Selatan U-23 (11-10). Selanjutnya, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Uzbekistan U-23 di babak semifinal Piala Asia U-23 2024 pada Senin, 29 April 2024 malam WIB. Jika menang, Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos final Piala Asia U-23 2024 sekaligus mengunci tiket Olimpiade Paris 2024.

“Percayalah kepada saya, ikuti saya dan kami akan lolos ke final,” kata Shin Tae-yong memberi pesan kepada para pemainnya, dalam konferensi pers setelah laga Timnas Indonesia U-23 vs Timnas korea Selatan U-23. Inilah merupakan pesan optimistis dari Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia periode 2019 hingga hari ini, bahkan Shin Tae-yong dirumorkan akan menjadi pelatih Timnas Indonesia sampai tahuk 2027 dengan perpanjangan kontrak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: