5 Fakta Menarik dari Profil Negara Asia Tengah Uzbekistan yang Maju ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 

5 Fakta Menarik dari Profil Negara Asia Tengah Uzbekistan yang Maju ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 

Potret peta Uzbekistan yang menjadi negara Double Interlocked alias negara terkurung daratan. -Google Chrome - Tangkapan Layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Uzbekistan sebagai salah satu negara di kawasan Asia Tengah ini sekarang memiliki kesempatan untuk tampil di laga semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Indonesia. 

Sebagai negara dari perwakilan Asia Tengah, Uzbekistan sendiri memiliki fakta menarik sebagai negara yang memiliki nama belakang 'stan' seperti negara tetangganya yang saling berbatasan yaitu Kazakhstan, Turkmenistan, Kyrgyztan, Tajikistan, Afghanistan. Dan Uzbekistan juga memiliki beberapa fakta menarik yang patut untuk diulas lho.

Uzbekistan sendiri juga termasuk sebagai negara dari perwakilan Asia Tengah yang memiliki kekuatan dan performa mumpuni di ajang sepakbola, karena Uzbekistan juga pernah menguasai Piala Asia U-23 2018 pada saat kontra dengan Vietnam 1-0 dan Uzbekistan menang, kini Uzbekistan harus berhadapan dengan Indonesia sebagai negara dari perwakilan Asia Tenggara yang performa nya moncer dan bagus pada saat laga Piala Asia U-23 2024 Qatar. 

Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai 5 fakta menarik dari negara Uzbekistan sebagai negara dari perwakilan Asia Tengah yang kini akan berlaga di pentas semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Indonesia, simak selengkapnya mengenai 5 fakta menarik negara Uzbekistan disini.

BACA JUGA:Rasa Pesimis Simon McMenemy Terhadap Timnas Indonesia, Namun Kini Berubah Jadi Optimis Berkat Shin Tae-yong!

1. Dahulu Uzbekistan merupakan bagian kerajaan kuat

Pada sekitar abad ke-4 sebelum masehi, Uzbekistan pernah menjadi bagian dari kerajaan Kekaisaran Perrsia yang ditaklukan oleh Alexander Agung. Pun pada abad ke-13 sebelum masehi bagian dari negara Uzbekistan ini pernah jadi bagian dari Kekaisaran Mongol yang terkenal kuat dan barbar.

2. Uzbekistan merupakan negara terkurung daratan ganda

Dilansir dari World Atlas, Uzbekistan adalah negara Double Interlocked atau negara yang terkurung daratan sehingga jauh dari garis pantai manapun. Hanya ada dua negara di dunia yang dikategorikan sebagai Double Interlocked yaitu Uzbekistan dan di Eropa yakni Liechtenstein.

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Uzbekistan Sebagai 'Lawan' Bagi Indonesia, Salah Satu Fakta Menariknya Tidak Pernah Kebobolan!

3. Uzbekistan memiliki situs warisan dunia UNESCO 

Ya negara Uzbekistan memiliki situs warisan dunia UNESCO seperti di Kota Samarkand, pegunungan Western Tien-Shan, dan Kota Shahrisabz. Atau Itchal Kala,  Bukhara yang terletak di Jalur Sutra yang konon sudah berusia lebih dari 2.000 tahun.

4. Prestasi Sepakbola Uzbekistan Patut Diacungi Jempol

Ya benar bahwa prestasi sepakbola dari Uzbekistan ini memanglah patut diacungi jempol untuk performa dan perkembangannya. Seperti yang dilansir dari laman Transfermarkt bahwa Uzbekistan sendiri pernah menorehkan prestasi yang luar biasa pada ajang Piala Asia U-23 2018 dan keluar sebagai juara utama, pun dalam kancah internasional Uzbekistan sendiri hampir lolos ke Piala Dunia 2018, namun harus tersisihkan di babak play-off.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: