TERKENAL BANGET, Kertajati dan Dawuan Majalengka Sering Disebut di Nasional dan Internasional

TERKENAL BANGET, Kertajati dan Dawuan Majalengka Sering Disebut di Nasional dan Internasional

Kecamatan Dawuan dan Kertajati Kabupaten Majalengka semakin terkenal.-Waton Posting-radarmajalengka.com

Yang tidak kalah populer adalah Metropolitan Rebana, karena Kertajati menjadi bagian dari segitiga emas bersama Subang dan Indramayu.

BACA JUGA:TERNYATA Masih Banyak yang Penasaran dengan Nama Tol 'Cisundawu'

Berdasarkan data badan Pusat Statistik (BPS), Kecamatan Kertajati memiliki 14 desa di wilayahnya dengan total jumlah penduduk 47.578 jiwa.

Penduduk di Kecamatan Kertajati paling padat berada di Desa Mekarjaya dengan 6.162 dan Pakubeureum dengan 4.379 jiwa.

Data tersebut adalah hasil Sensus Penduduk pda September 2020.

2. Dawuan

Belakangan, nama Kecamatan Dawuan juga tidak kalah terkenal. Sebagai bagian dari Tol Cisumdawu, nama Dawuan disebut di ujung penamaan ruas jalan bebas hambatan penghubung Bandung dengan Majalengka.

BACA JUGA:ADA TOL CISUMDAWU, Pedagang Oleh-oleh di Sumedang dan Cadas Pangeran Merana: Ubi Cilembu sampai Busuk

Menariknya, ada sebuah pembangunan yang menggunakan nama Dawuan juga yakni Junction Dawuan. Di titik ini, terjadi pertemuan antara arus lalu lintas dari Tol Cikopo Palimanan (Cipali) dari arah Cirebon dan Jakarta dengan Tol Cisumdawu dari arah Bandung.

Titik pertemuan tersebut berada di Kilometer 152 Tol Cikopo Palimanan. Karenanya, pada momen tertentu nama Dawuan akan semakin banyak disebut.

Misalnya saat liburan, Idul Fitri, arus mudik dan balik juga aktivitas masyarakat lainnya, karena titik di Junction Dawuan tersebut menjadi area baru pusat kepadatan lalu lintas.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Majalengka, ada 10 desa yang berada di Kecamatan Dawuan.

BACA JUGA:PILIH MANA, Cirebon Bandung via Tol Cisumdawu atau Tol Cipularang? Simak Review di Hari Kerja

Jumlah penduduk di Kecamatan Dawuan mencapai 47.942 jiwa dengan desa terpadat adalah Balida dengan 6.332 jiwa, disusul Baturuyuk dengan 5.900 jiwa.

Tentunya setelah Tol Cisumdawu beroperasi penuh dan Bandara Internasional Jawa Barat juga berjalan optimal, Kecamatan Dawuan dan Kertajati juga akan semakin terkenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: