Kurma Ajwa Dapat Mencegah Pikun Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya Yang Harus Anda Ketahui

Kurma Ajwa Dapat Mencegah Pikun Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat kurma ajwa bagi kesehatan tubuh -Detikcom-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kurma ajwa menjadi kurma yang banyak diburu saat Ramadan tiba. Hal ini bukan tanpa alasan. Selain disebut-sebut sebagai “kurma nabi”, Kurma ajwa juga mempunyai rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Manfaat Kurma ajwa pun cukup banyak berkat kandungan gizinya yang tinggi. Tak heran, kurma ini pun banyak dicari meski harganya cenderung mahal. Kurma ajwa mengandung berbagai jenis antioksidan, seperti polifenol dan antosianin. Bahkan, sifat antioksidan dalam Kurma ajwa lebih tinggi daripada buah kering lainnya. Nutrisi yang melimpah membuat Manfaat Kurma ajwa begitu banyak. Berikut ini adalah beberapa Manfaat Kurma ajwa yang menarik untuk disimak:

BACA JUGA:Menakar Peluang dan Strategi Peta Koalisi Parpol di Pilkada Majalengka

1. Mencegah pikun

Kurma ajwa mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Antioksidan sendiri diketahui mampu menjaga aliran darah ke otak tetap lancar, serta memelihara sel saraf yang berfungsi untuk mengontrol daya ingat dan fokus. Hal inilah yang membuat kurma ajwa bisa mencegah pikun.

2. Mengatasi sembelit

Selain kaya serat, buah ini juga mengandung prebiotik dan antioksidan polifenol yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Manfaat kurma ajwa ini akan lebih maksimal lagi kalau kamu mengombinasikan kurma ajwa dengan makanan tinggi serat lainnya, seperti apel, pisang, brokoli, atau ubi.  

3. Mengendalikan kadar gula darah

Walaupun rasanya manis, manfaat kurma ajwa bisa untuk mengendalikan kadar gula darah. Hal ini berkat senyawa polifenol yang mampu mencegah lonjakan kadar gula darah setelah makan. Dengan begitu, kadar gula dalam darah tetap stabil.

4. Menambah energi

Berkat kandungan gula dan kalorinya yang cukup tinggi, kurma ajwa memang layak dikonsumsi sebagai santapan untuk menemani ibadah puasa. Gula dan kalori yang tinggi ini bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh selama berpuasa, sehingga kamu jadi tidak mudah lelah.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Makan Nasi Ayam di Semarang, Paling Gurih dan Kaya Rempah

5. Memperkuat imunitas tubuh

Senyawa antosianin tak hanya memberikan kurma ajwa warna cokelat kehitaman, tetapi juga mampu memperkuat imunitas tubuh. Antioksidan pada kurma ajwa, seperti antosianin dan polifenol, diketahui dapat meredakan peradangan dan meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam melawan kuman dan virus penyebab penyakit. Itulah beberapa manfaat dari kurma ajwa yang sangat bagus untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: