Berikut Kenali Hewan Laut Teripang Bersama Manfaatnya Yang Menyehatkan Bagi Tubuh

Berikut Kenali Hewan Laut Teripang Bersama Manfaatnya Yang Menyehatkan Bagi Tubuh

Manfaat teripang yang bagus untuk tubuh -Klikdokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Teripang atau timun laut adalah jenis hewan laut yang tidak bertulang belakang dan memiliki ukuran tubuh yang panjang. Hewan ini umumnya ditemukan di dasar laut dan paling banyak di kawasan Asia Pasifik. Di negara Asia dan Timur Tengah, Teripang telah digunakan sebagai bahan makanan, baik dalam bentuk segar maupun kering. Dalam pengobatan Cina, Teripang digunakan untuk mengatasi kelelahan, impotensi, sembelit, dan nyeri sendi. Berikut ini adalah beberapa manfaat Teripang:

1. Mempercepat penyembuhan luka

Teripang mengandung glikosaminoglikan sulfat yang dapat mempercepat penyembuhan luka, baik luka pada permukaan kulit maupun kerusakan di dalam tubuh. Selain dalam bentuk tablet, losion yang mengandung teripang juga dapat membentuk jaringan kulit baru yang rusak karena luka.

BACA JUGA:4+ Rekomendasi Makanan Khas Bali yang Wajib Kamu Coba Kalau Liburan ke Bali Lagi

2. Mengatasi penyakit arthritis

Manfaat ini berasal dari kandungan senyawa antiperadangan yang dapat mengobati beberapa gangguan inflamasi, mulai dari alergi ringan hingga rheumatoid arthritis. Selain itu, teripang juga kaya akan kandungan kondroitin sulfat, yaitu zat yang ditemukan di tulang rawan manusia dan biasanya digunakan untuk mengatasi radang sendi, seperti osteoarthritis.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Teripang memiliki kandungan triterpenoid yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kulit. Selain itu, teripang juga mengandung cerebrosides yang dapat melindungi usus dari peradangan dan tumor.

4. Menurunkan kadar kolesterol darah

Tingginya kadar protein dalam teripang dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat LDL dalam darah. Hal tersebut tentunya dapat menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis yang menjadi penyebab umum penyakit jantung koroner.

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Malam di Tangerang yang Menarik untuk Dikunjungi, Kece dan Menarik

5. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Berkat kandungan protein yang tinggi dan lemak yang rendah, teripang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Senyawa antiperadangan yang dimiliki teripang juga mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan memelihara kesehatan pembuluh darah. Demikian beberapa manfaat teripang yang baik bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: