Ternyata Buah Jamblang Dapat Mencegah Penyakit Jantung? Berikut Beberapa Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ternyata Buah Jamblang Dapat Mencegah Penyakit Jantung? Berikut Beberapa Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat buah jamblang bagi tubuh-Detikcom-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Buah jamblang dikenal juga dengan nama plum jawa, jamun, atau jambolan. Buah ini banyak tumbuh di negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. Meski begitu, Buah jamblang mulai jarang ditemukan. Buah jamblang berwarna ungu gelap seperti anggur, hanya saja ukuran bijinya lebih besar. Buah ini sering kali digunakan sebagai tanaman obat karena kandungan antioksidannya yang melimpah. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi Buah jamblang meliputi:

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Melihat Sunset di Tegal Jawa Barat, Langit yang Indah

1. Mencegah penyakit jantung

Buah jamblang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena buah jamblang mengandung kalium yang berperan penting dalam menjaga irama detak jantung, sehingga jantung bisa berdetak dengan normal.

2. Mencerahkan kulit

Konsumsi buah jamblang dipercaya bisa mencerahkan kulit. Ini karena kandungan vitamin C di dalam buah jamblang dapat membantu pembentukan kolagen di dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan protein yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kelembapan kulit. Saat kelembapannya terjaga, kesehatan kulit pun tetap terjaga dan tampak lebih bercahaya.

3. Mencegah osteoporosis dan gigi keropos

Manfaat buah jamblang selanjutnya adalah mencegah osteoporosis dan gigi keropos. Hal tersebut tidak lepas dari beragam kandungan mineral penting di dalamnya, seperti kalsium dan fosfor, yang menjadi komponen utama dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang serta gigi.

4. Meredakan batuk dan pilek

Manfaat vitamin C dalam buah jamblang tidak hanya untuk mencerahkan kulit, tetapi juga meredakan batuk dan pilek. Manfaat ini juga diperoleh dari kandungan zinc di dalamnya. Kedua kandungan tersebut sama-sama memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Vitamin C dan zinc juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu meredakan gejala batuk dan pilek dengan cepat.

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Malam di Tangerang yang Menarik untuk Dikunjungi, Kece dan Menarik

5. Mencegah infeksi

Buah jamblang juga mengandung beragam senyawa yang bersifat antibakteri, seperti tanin, asam malat, dan asam galat. Rutin mengonsumsi buah jamblang diketahui mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi di dalam tubuh. Demikian manfaat buah Jamblang yang sangat menyehatkan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: