Kenali Beberapa Manfaat Lobak Yang Menyehatkan Tubuh

Kenali Beberapa Manfaat Lobak Yang Menyehatkan Tubuh

Manfaat lobak yang baik bagi tubuh-Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Lobak bisa dikonsumsi dalam keadaan matang maupun mentah, sehingga sering dijumpai dalam olahan salad atau hidangan berkuah. Sayuran ini juga telah lama dipercaya dalam pengobatan tradisional di Asia, seperti Cina, Jepang, dan Korea, untuk mengobati berbagai penyakit. Manfaat Lobak tersebut diperoleh dari berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk melancarkan sistem pencernaan. Manfaat Lobak bagi kesehatan pun tak perlu diragukan lagi. Berikut ini adalah Manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi Lobak

1. Menjaga kesehatan jantung

Hal ini karena kandungan serat, nitrat, kalium, serta antioksidan dalam lobak dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung, serta melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah agar aliran darah lancar.

BACA JUGA:Berikut 5 Manfaat Buah Angkung Yang Jarang Diketahui Namun Baik Untuk Tubuh

2. Melancarkan sistem pencernaan

Karena kaya akan serat, konsumsi lobak secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama mencegah dan mengatasi sembelit. Minum jus lobak dapat melindungi jaringan lambung, sehingga mencegah terjadinya tukak lambung dan maag. 

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Senyawa isothiocyanate, flavonoid, dan sulforaphane dalam lobak tak hanya bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, tetapi juga memiliki sifat antikanker. Zat-zat dalam lobak tersebut mampu menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker prostat.

BACA JUGA:Tahukah Kamu? Bahwa Daun Kelor Bisa Menambahkan Cadangan Devisa Negara Lho

4. Menurunkan berat badan

Hal ini karena serat di dalam lobak membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Selain itu, lobak juga rendah kalori dan bebas lemak, sehingga cocok dijadikan camilan sehat, khususnya bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau ingin menjaga berat badan tetap ideal.

5. Mengontrol kadar gula darah

Lobak mengandung berbagai senyawa kimia, seperti glukosinolat dan isothiocyanate, yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini karena lobak dapat memperbaiki kinerja hormon insulin, sehingga baik untuk penderita diabetes sekaligus untuk mencegah resistensi insulin. Itulah manfaat lobak yang baik untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: