Berikut 5 Manfaat Buah Angkung Yang Jarang Diketahui Namun Baik Untuk Tubuh

Berikut 5 Manfaat Buah Angkung Yang Jarang Diketahui Namun Baik Untuk Tubuh

Manfaat buah angkung untuk kesehatan -Orami-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Buah angkung memiliki warna biru tua dan daging berwarna merah keunguan saat sudah matang. Buah ini termasuk ke dalam famili Basellaceae yang memiliki daun berwarna hijau dan hidup merambat. Oleh karena itu, tanaman buah ini sering kali disebut juga sebagai Malabar spinach. Buah angkung sering kali digunakan sebagai pengobatan tradisional di Tiongkok dan India. Pasalnya, buah ini kaya akan nutrisi dan senyawa penting untuk kesehatan. Untuk memperoleh manfaat Buah angkung untuk kesehatan, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan minuman. manfaat Buah angkung lebih banyak diperoleh berkat senyawa antioksidan, antiradang, dan antikanker yang dimilikinya. Selain itu, buah ini juga mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, serat, niasin, asam askorbat, hingga tokoferol. Oleh karena itu, tidak heran bila Buah angkung memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, di antaranya: 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Beri Respons Terkait Kepergian Presiden Iran Ebrahim Raisi: Semoga Harga Minyak Dunia Stabil

1. Mencegah penyakit stroke

Kandungan flavonoid dalam buah angkung juga bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke. Kandungan tersebut diketahui menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga penyakit stroke dapat dicegah.

2. Menurunkan risiko terkena kanker

Buah angkung digadang-gadang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Manfaat ini diperoleh berkat senyawa alami yang berasal dari fenol dan flavonoid di dalamnya. Senyawa tersebut bersifat antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas pemicu penyakit kronis, termasuk kanker.

BACA JUGA:Jusuf Kalla Beri Respons Atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi, Kata JK: Belasungkawa Sedalam-dalamnya

3. Menurunkan kadar kolesterol

Mengonsumsi buah angkung bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Hal ini diduga berasal dari senyawa betalain sebagai zat pewarna alami yang bersifat antioksidan dan antiradang guna menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Mencegah penyakit jantung

Buah angkung mengandung senyawa antioksidan dan antiradang, berupa flavonoid, alkaloid, saponin, dan tanin. Senyawa ini dapat mengatasi peradangan pada tubuh yang bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

BACA JUGA:Tahukah Kamu? Bahwa Daun Kelor Bisa Menambahkan Cadangan Devisa Negara Lho

5. Mengatasi sembelit

Kalau Anda memiliki masalah pada pencernaan, seperti susah buang air besar atau sembelit, mengonsumsi buah angkung bisa menjadi solusi yang tepat guna mengatasi permasalahan tersebut. Dalam 100 gram buah angkung yang dikeringkan tanpa biji mengandung 12,34 gram serat larut dan 20,16 gram serat tak larut. Kandungan serat tersebut efektif melancarkan pencernaan karena berfungsi sebagai pelunak feses alami. Itulah manfaat buah angkung yang jarang diketahui namun baik untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: