5 Manfaat Air Rebusan Daun Kemangi Yang Bagus Untuk Tubuh

5 Manfaat Air Rebusan Daun Kemangi Yang Bagus Untuk Tubuh

Manfaat air rebusan kemangi bagi kesehatan -Beautynesia-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Daun kemangi tak hanya memiliki rasa yang enak namun juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. kemangi memiliki aroma yang kuat dan khas sehingga seseorang akan dengan mudah mengenalinya. Umumnya daun kemangi dikonsumsi sebagai lalapan atau campuran makanan atau minuman, namun daun kemangi akan lebih berkhasiat bila dinikmati dengan direbus. Selain enak untuk dikonsumsi, beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan juga perlu diketahui. Berikut adalah manfaat rebusan daun kemangi:

1. Mencegah Infeksi

Kemangi sering digunakan sebagai agen antimikroba di pengobatan tradisional. Daun kemangi yang diolah menjadi minyak dapat membantu melawan bakteri. Salah satu jenis bakteri yang bisa diatasi kemangi adalah Escherichia coli. Bakteri ini menyerang sistem pernapasan, perut, saluran kemih, atau kulit.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh Khas Sukabumi, Sudah Ada Sejak 1959

2. Mencegah Penyakit Jantung

Mengonsumsi daun kemangi dengan direbus atau mentah dapat memberikan manfaat yang besar bagi tubuh. Kandungan kemangi adalah eugenol, citronellol, dan linalool, yang bisa membantu mencegah peradangan karena sifatnya yang mampu menghambat enzim. Sifat anti-inflamasi ini memungkinkan kemangi dapat menjaga kesehatan jantung dan penyakit kronis. 

3. Mencegah Penyakit Asam 

Daun kemangi dapat menurunkan kadar asam lambung dan melepas lapisan lendir yang melindungi dinding lambung. Kandungan eugenol di daun kemangi bisa menjadi anti-inflamasi juga di pencernaan serta dapat mengembalikan kadar pH tubuh.

BACA JUGA:Mengenal Manfaat Rebusan Air Pare Bagi Kesehatan Tubuh

4. Melancarkan Pencernaan 

Manfaat rebusan daun kemangi selanjutnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Kandungan eugenol pada daun kemangi memungkinkan untuk mencegah terjadinya peradangan pencernaan.

BACA JUGA:Rekomendasi Kue Mochi di Sukabumi, Legit dan Legendaris

5. Mencegah Kanker

Manfaat rebusan daun kemangi ketiga adalah untuk melawan sel kanker. Fitokimia dalam daun kemangi dapat membantu mencegah jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Daun kemangi dapat meningkatkan aktivitas antioksidan sehingga mengubah ekspresi gen, membunuh sel kanker, dan memperlambat perkembangan sel. Itulah berbagai manfaat dari air rebusan daun kemangi yang menyehatkan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: