Pemikiran Serta Jejak Perjuangan Kartini Tertulis Didalam Satu Buku Ini, Apa Judul Serta Isinya?

Pemikiran Serta Jejak Perjuangan Kartini Tertulis Didalam Satu Buku Ini, Apa Judul Serta Isinya?

Buku Habis Gelap Terbitlah Terang dari penerbit Balai Pustaka cetakan V tahun 1963.-Tokopedia - Tangkapan Layar -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - RA Kartini atau yang biasa dikenal sebagai Raden Ajeng Kartini, dengan nama lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat, beliau merupakan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang memiliki semangat juang untuk emansipasi wanita.

Raden Ajeng Kartini mulai ditetapkan menjadi Pahlawan Kemerdekaan Indonesia oleh Presiden Soekarno pada Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964, yang dikeluarkan pada tanggal 2 Mei 1964. Keputusan ini dibarengi dengan menetapkan momen untuk mengingat perjuangan RA Kartini dalam Hari Kartini.

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa RA Kartini merupakan sosok yang cerdas, berani, serta memiliki pemikiran yang revolusioner terhadap emansipasi wanita. Yang tertuang jelas dalam kumpulan surat-surat yang beliau tulis, sebelum pada akhirnya kumpulan surat-surat itu mulai dicetak dalam bentuk buku dan terbit setelah RA Kartini wafat di umur nya yang ke 25, Buku ini terbit pada tahun 1911, dilansir dari laman itjen.kemdikbud.go.id.

Kumpulan dan surat-surat yang ditulis oleh RA Kartini ini dan dibukukan, memiliki isi dan makna yang luas, bahkan memuat isi dan pemikiran dari seorang Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang berkecimpung dalam perjuangan emansipasi wanita, jadi sangatlah direkomendasikan sekali jika ingin membaca buku satu ini. Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai rangkuman dari isi buku yang ditulis oleh RA Kartini beserta judul buku nya yang sarat akan makna, simak selengkapnya disini. 

BACA JUGA:Lirik dan Not dari Lagu Ibu Kita Kartini, Beserta Sejarah dan Makna Dibaliknya

Kumpulan surat-surat yang dibuat oleh RA Kartini ini sebenarnya ditujukan untuk seorang temannya yang berada di Belanda yang bernama Stella Zeehandelaar pada awal abad ke-20. 

Lalu pada tahun 1911 setelah RA Kartini wafat di tahun 1904, kumpulan surat-surat yang beliau tulis mulai dicetak dan dibukukan dengan satu judul yang sarat dan kaya akan makna, judul dari bukunya adalah "Habis Gelap Terbitlah Terang". Sebagai buku yang ditulis oleh RA Kartini, yang pada awalnya hanyalah kumpulan surat-surat yang beliau tulis untuk seorang temannya. 

Habis Gelap Terbitlah Terang merupakan satu buku yang memiliki pengaruh luas, karena di dalam buku tersebut didapati pemikiran dari sosok Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang secara keseluruhan isi bukunya memang memiliki makna juang dari seorang RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita, yang dapat menginspirasi para pembaca di Indonesia. Dan buku Habis Gelap Terbitlah Terang ini seharusnya agar bisa terus dibaca dan diamalkan buah pemikiran dari RA Kartini supaya kita sebagai warga negara Indonesia, bisa meneruskan semangat emansipasi dan kesetaraan dari RA Kartini. 

Isi dari buku Habis Gelap Terbitlah Terang ini memiliki isi dan makna yang luas, mencakup dari aspek pendidikan, perkawinan, kesetaraan gender, dan kebebasan berbicara. Salah satu tema utama yang diangkat oleh RA Kartini dalam buku ini adalah tentang mengenai Pentingnya Pendidikan Bagi Wanita. Di buku ini RA Kartini benar-benar mengeksplorasi tema dan topik yang relevan dengan kehidupan wanita di zamannya. Secara keseluruhan buku Habis Gelap Terbitlah Terang karya dari RA Kartini merupakan karya sastra yang kaya sejarah dan berharga bagi khazanah ilmu pengetahuan di Indonesia.

BACA JUGA:Menilik Agrowisata Kampung Durian Sinapeul Majalengka, Pecinta Durian Wajib Datang Kesini! 

Demikian ulasan artikel berikut ini mengenai rangkuman dari isi buku karangan RA Kartini yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, yang sarat akan makna dan kaya akan sejarah yang berharga untuk suatu karya sastra yang berpengaruh di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: