Ini Dia 5 Daya Tarik Tempat Wisata Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon, Salah Satunya Kaya Akan Makna Filosofis 

Ini Dia 5 Daya Tarik Tempat Wisata Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon, Salah Satunya Kaya Akan Makna Filosofis 

Potret gua sunyaragi-Wikipedia-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon, sebagai tempat wisata yang terpopuler serta terfavorit di Cirebon, pun banyak memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah satu tempat wisata bersejarah. 

Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon memanglah memiliki sejarah yang sangat kaya di dalamnya, karena bangunan-bangunan yang masih didapati arsitektur bergaya klasik perpaduan hindu, tionghoa klasik, timur tengah, dan eropa, semuanya menjadi satu dalam beberapa bangunan di Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon ini. Gua Sunyaragi memiliki arti dan makna yang filosofis seperti Sunya berarti Sepi dan Ragi berarti Raga.

Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon ini memang menjadi suatu tempat wisata yang di dalamnya terdapat arsitektur silang budaya, yang menjadikan Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon memiliki daya tarik bagi para wisatawan lokal atau wisatawan luar kota, bahkan liar negeri sekalipun. 

Maka tak heran jika Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon selalu dipadati oleh pengunjung, baik pada hari biasa atau hari weekend, pun pada saat hari libur lebaran, biasanya terjadi peningkatan signifikan untuk para pengunjung. Nah, demikian pada artikel kali ini akan berfokus pada pembahasan mengenai 5 daya tarik dari tempat wisata Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon sebagai tempat wisata bersejarah dan memiliki makna filosofis, yuk simak selengkapnya pada artikel berikut ini.

BACA JUGA:3 Keraton di Cirebon yang Cocok Untuk Destinasi Wisata Libur Lebaran, Cocok Dikunjungi Oleh Para Wisatawan 

1. Gua peteng, sebagai gua yang gelap 

Gua peteng yang ada di kompleks tempat wisata Taman Air Gua Sunyaragi ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, bagaimana tidak karena gua ini merupakan gua yang paling gelap, dan memiliki makna filosofis sebagai gua untuk tempat bertapa, meditasi, dan menyajikan diri. Gua peteng memiliki makna simbolis berupa mampu atau tidaknya manusia keluar dari kegelapan. Kondisi gelap ini memiliki banyak konteks seperti gelap pikiran atau gelap hati dan lain-lain.

2. Patung perawan sunti

Ada mitos yang sudah turun temurun mengenai patung ini. Ya patung perawan sunti namanya, konon mitos yang menyelimuti nya yaitu, para perempuan khususnya jika masih dalam kondisi perawan, jangan menyentuh patung ini, karena dipercaya akan sulit dapat jodoh. Untuk mitos ini memang sudah jadi kepercayaan turun temurun, jadi lebih baik menghargai nya saja.

BACA JUGA:Jemaah Aolia Sudah Lebaran Duluan, Pimpinan Jemaah Mengaku Dapat Telepon dari Tuhan!

3. Gua kelanggengan

Gua satu ini memiliki banyak kepercayaan dan mitos yang menjadi daya tarik tersendiri, karena gua satu ini kerap dipercaya dapat melanggengkan sesuatu, termasuk jodoh sekalipun, sesuai dengan namanya yang berarti lancar dari kata langgeng.

4. Gua padang ati

Gua satu ini juga termasuk gua yang sakral, dan pernah dijadikan sebagai gua untuk bermeditasi serta tempat bertapa bagi para sultan-sultan terdahulu, untuk mencari ketenangan batin dan pikiran, agar mendapat ilham atas apa yang dicitakan. Gua padang ati juga memiliki arti berupa hati terang, dan sarat akan kesakralannya, seperti gua peteng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: