Pemkab Majalengka Sosialisasi Program Kesempatan Kerja Padat Karya Tunai

Pemkab Majalengka Sosialisasi Program Kesempatan Kerja Padat Karya Tunai

PROGRAM PADAT KARYA: Sosialisasi Program Kesempatan Kerja Padat Karya Tunai (PKT) di Gedung Yudha Karya Pemda Majalengka pada Senin (30/10).-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Pemkab Majalengka mengenalkan Program Padat Karya Tunai (PKT) tahun 2023, dengan pelaksanaan di 330 desa dan 13 kelurahan yang tersebar di 26 kecamatan.

Bupati Majalengka, Dr H Karna Sobahi MMPd menjelaskan, tujuan dari program PKT ini adalah untuk membuka lapangan pekerjaan, sekaligus meningkatkan perekonomian dan output pembangunan infrastruktur di desa.

Hal tersebut disampaikan saat membuka kegiatan Sosialisasi Program Kesempatan Kerja Padat Karya Tunai (PKT) di Gedung Yudha Karya Pemda Majalengka pada Senin (30/10).

Acara tersebut dihadiri oleh wakil bupati, sekda Majalengka, staf ahli, para asisten, kepala OPD, camat, dan para kepala desa se-Kabupaten  Majalengka.

BACA JUGA:Rute Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati

BACA JUGA:Cafe Tiga Delapan Memiliki Tempat Estetik dan Instagramable, Cocok Untuk Anda Jumpai!

Bupati Karna menegaskan bahwa anggaran untuk Program PKT tahun 2023 mencapai Rp69 miliar, dengan alokasi per desa sebesar Rp200 juta. “Program PKT ini menjadi instrumen kebijakan pemerintah daerah untuk menciptakan lapangan pekerjaan di desa, sekaligus memberikan hasil nyata dalam pembangunan fisik desa,” ujarnya.

Bupati juga menginformasikan bahwa Pemkab Majalengka akan memonitor langsung pelaksanaan kegiatan di desa-desa penerima bantuan PKT mulai awal November. Dia menekankan perlunya partisipasi penuh pemerintah desa dan kelurahan untuk memastikan program ini berjalan maksimal dan menghasilkan output yang bermanfaat bagi kemajuan masing-masing desa.

Adapun jenis pekerjaan yang dilakukan melalui PKT akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di desa, seperti pembangunan jalan desa, saluran air lingkungan, atau sarana olahraga.

“Program ini diharapkan dapat menghidupkan perekonomian masyarakat desa secara langsung melalui keterlibatan mereka dalam pelaksanaan pekerjaan, serta memberikan dampak positif pada pembangunan yang dilaksanakan melalui program padat karya,” tambahnya.

BACA JUGA:Balas Dendam Serangan 7 Oktober, Mantan Intelijen Militer Israel Ungkap Gaza Bakal Dilenyapkan

BACA JUGA:Tempat Belanja Favorit di Majalengka, Terlengkap!

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (DK2UKM), H Arif Daryana, AP MP  menyampaikan bahwa sebanyak 131 desa di 25 kecamatan akan menerima bantuan PKT. Selain itu, program ini juga dilaksanakan oleh berbagai instansi di tingkat kecamatan dan kelurahan. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: