Bandara Kertajati Majalengka, Bandara Terbesar Kedua di Indonesia

Bandara Kertajati Majalengka, Bandara Terbesar Kedua di Indonesia

Bandara Kertajati Majalengka, Bandara Terbesar Kedua di Indonesia-tirto.id-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati merupakan Bandar Udara yang berlokasi di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Bandara Kertajati adalah bandara terbesar kedua di Indonesia dengan luas 1800 hektar, yang terdiri dari 2 buah runway, area terminal penumpang seluas 121.000 meter persegi, dan area terminal kargo seluas 90.000 meter persegi.

Desain Bandara Kertajati diambil dari bentuk burung merak sebagai icon Jawa Barat yang diaplikasan pada bentuk atap bangunan terminal utama.

Sedangkan desain interiornya dibuat dengan elemen-elemen estetis yang mengadopsi kearifan budaya lokal Jawa Barat khususnya Majalengka. 

Bandara ini mulai beroperasi pada 24 Mei 2018. Pembangunan bandara ini sebenarnya sudah direncanakan sejak era Presiden Megawati.

BACA JUGA:Meminta Hujan, Warga Salat Istisqo di Lapangan Desa Nagara Kembang

BACA JUGA:AirNav Indonesia Sukseskan Peralihan Pelayanan Penerbangan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati

Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2018, Bandara kertajati ini mendapat respon negatif dari masyarakat. Hal ini terlihat dari minimnya jumlah penumpang dan kurangnya aktifitas di bandara Kertajati.

Setelah Bandara Kertajati ini dianggap telah mati suri, kemudian pemerintah merancang Bandara Kertajati digunakan sebagai emberkasi haji, pusat kargo, serta fasilitas perbaikan dan perawatan pesawat.

Pada Mei 2023, Bandara Kertajati digunakan kembali sebagai tempat pemberangkatan haji, yang berfokus dari jamaah asal Cirebon.

Kemudian pemerintah juga mengalih operasikan Bandara Husain Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati mulai 29 Oktober 2023.

BACA JUGA:Akses ke Bandara Kertajati Mudah, Begini Kata Bupati Karna

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Keberangkatan DAMRI Bandung - Bandara Kertajati

Sehingga beberapa rute domestik maupun internasional yang tadinya landing dan take off di Bandara Husain Sastranegara dialihkan ke Bandara Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: