AirNav Indonesia Sukseskan Peralihan Pelayanan Penerbangan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati

AirNav Indonesia Sukseskan Peralihan Pelayanan Penerbangan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati

Keterangan Poto - AirNav sukseskan peralihan penerbangan dari Bandara Husein --

MAJALENGKA.RADARMAJALENGKA.COM - AirNav Indonesia sukseskan peralihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati.

Perum LPPNPI atau yang lebih dikenal sebagai AirNav Indonesia sebagai satu-satunya badan usaha negara (BUMN) penyelenggara layanan navigasi penerbangan di Indonesia mendukung arahan Presiden Republik Indonesia, terkait peralihan pelayanan navigasi Pesawat Jet dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati per 29 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Bandara Kertajati Penerbangannya Kemana Saja?Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Daftar Hotel di Majalengka, Dekat dengan Pusat Kota

Ditemui di Kertajati, Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi AirNav Indonesia, Riza Fahmi menyatakan telah siap mendukung peralihan pelayanan pesawat Jet dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati. 

Riza Fahmi menyatakan bahwa selama proses peralihan AirNav Indonesia telah menyiapkan fasilitas navigasi, telekomunikasi dan prosedur penerbangan hingga menyiapkan SDM kualitas unggul untuk dapat memberikan pelayanan prima dari dan ke Bandara Kertajati.

“Sebelum adanya peralihan pesawat Jet dari Bandara Husein Sastranegara, AirNav Indonesia telah memberikan pelayanan navigasi untuk penerbangan berjadwal internasional yaitu Kertajati-Kuala lumpur setiap 2 kali per minggu , pelayanan navigasi Penerbangan Haji/Umroh 02 kali per minggu dan penerbangan cargo” ujar Fahmi. 

Selanjutnya secara reguler akan ada 16 penerbangan per hari yang akan dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara BIJB, Kertajati. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Tampilkan Scooter Stylish, Yamaha Gandeng The Palace Jeweler Hadirkan Fashion Collaboration

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Bandara Kertajati Majalengka

"Adapun beberapa persiapan yang di lakukan untuk menghadapi kenaikan trafik penerbangan di Bandara Kertajati, diantaranya Pertama Layanan Navigasi Penerbangan unit Tower dan Approach Control. Kedua Meningkatkan kesiapan Peralatan Telekomunikasi Penerbangan antara Pilot dan Air Traffic Controller (ATC).Ketiga Meningkatkan kesiapan Peralatan Navigasi Penerbangan antara lain Instrument Landing System (ILS) dan DVOR-DME. Ke empat, menyiapkan prosedur Keberangkatan/Take-off (SID) dan Kedatangan/Landing (STAR) berbasis PBN/Satelit yang menunjang keselamatan dan keteraturan penerbangan dari dan menuju Bandara Kertajati. “pungkas Fahmi.

Selain itu, Fahmi menjelaskan bahwa SDM yang ditugaskan di Unit Kertajati telah mendapatkan pelatihan guna meningkatkan awareness dan kesiapan dalam melayani pelayanan navigasi penuh di Bandara Kertajati.

Operating Hours Unit Kertajati akan bertambah menjadi 15 jam (06.00 - 21.00 WIB), yang sebelumnya hanya 11 jam. Dengan adanya pengalihan ini AirNav Indonesia akan melayani navgiasi penerbangan dalam sehari sebanyak 34 pergerakan (17 take-off dan 17 landing). dengan jam sibuk diantara pukul 08.00 - 09.00 WIB yaitu sejumlah 7 pergerakan.

BACA JUGA:Petugas Damkar Memadamkan Api Bukit Balukbuk Margatapa yang Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: