Bupati Kuningan Melepas 366 Calon Haji Kloter 3 Diberangkatkan

Bupati Kuningan Melepas 366 Calon Haji Kloter 3 Diberangkatkan

Bupati Kuningan, H Acep Purnama melepas ratusan calon haji kloter 3 menuju Embarkasi Indramayu, Selasa pagi 30 Mei 2023.---Agus Sugiarto-Radarkuningan.com

KUNINGAN, RADARMAJALENGKA.COM - Diwarnai isak tangis keluarganya yang mengantar, calon haji kloter 3 diberangkatkan dari Kuningan Islamic Center (KIC) menuju embarkasi Indramayu. Dalam musim haji tahun ini, Kabupaten Kuningan mendapatkan kuota haji sebanyak 1.016 orang ditambah calon haji cadangan kuota Jawa Barat. Ribuan calon haji tersebut dibagi menjadi tiga kelompok terbang.

Untuk jamaah yang tergabung dalam kloter 3 tercatat sebanyak 366 orang ditambah petugas haji 8 orang. Pemberangkatan calon haji kloter 3 dilakukan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kuningan, H Acep Purnama, Selasa pagi 30 Mei 2023 di Kuningan Islamic Center (KIC). Bupati Acep Purnama tak kuasa menahan haru saat melepas warganya yang akan menunaikan ibadah haji.



Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, H Ahmad Handiman Romdony menerangkan, untuk tahun 2023 jumlah calon jamaah haji Kabupaten Kuningan sebanyak 1.016 orang. Calon haji ini terbagi atas 3 Kelompok Terbang (Kloter), yakni Kloter 3, 11, dan Kloter 21.

“Untuk Kloter 3 yang akan berangkat pagi ini berjumlah 366 orang ditambah 8 orang petugas. Jadi total yang diberangkatkan pagi ini sebanyak 374 orang. Sementara, untuk Kloter 11 sebanyak 366 calon jamaah akan diberangkatkan pada tanggal 7 Juni 2023, dan terakhir Kloter 21 sebanyak 284 calon jamaah dan akan diberangkatkan tanggal 18 Juni 2023,” jelas Ahmad.

BACA JUGA:Gara-gara Protes Tidak Masuk DPT, Warga Sinarjati Gagal Nyoblos di Pilkades

BACA JUGA:MEWAH! Begini Penampakan Rest Area Tol Cisumdawu, Dekat dari Majalengka

Sementara dengan suara parau dan nada sedih, Bupati Acep menyampaikan ucapan selamat kepada para calon jamaah haji yang akan berangkat menuju ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan rukun islam yang ke 5.

Bupati juga mengajak kepada para jamaah haji untuk terus bersyukur dan berdoa, agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan saat menunaikan ibadah haji secara sempurna, sehingga mendapat keberkahan  dari Allah SWT.

“Keberangkatan ini tentunya patut disyukuri, karena masih banyak saudara-saudara kita yang belum bisa menunaikan rukun islam yang ke-5 ini. Bahkan yang sudah mendaftar pun gagal berangkat karena berbagai kendala. Untuk itu saya harap, bapak dan ibu dapat manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Acep dengan nada bergetar, Selasa 30 Mei 2023.

Bupati berpesan kepada seluruh jamaah calon haji agar menjaga kesehatan, menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik. Kemudian juga disiplin dalam mengikuti seluruh arahan dan petunjuk dari petugas pembimbing haji. Baik dalam kegiatan ibadah maupun dalam berinteraksi dengan jamaah lainnya.

BACA JUGA:Sipropam Polres Majalengka Lakukan Pengawasan di Tempat Layanan Publik Kepolisian

BACA JUGA:Meriah, Ajang bLU cRU Yamaha Enduro Challenge di Yogyakarta Jadi Pusat Perhatian Pecinta Yamaha

“Saya berdoa, seluruh pelaksanaan ibadah haji dapat tertunaikan dengan baik yang wajib maupun yang sunahnya. Dan kembali pulang ke tanah air dengan menyandang gelar haji yang mabrur dan mabruroh, yang ditandai dengan peningkatan kualitas dan kuantitas dalam beribadah. Seperti dalam konteks ibadah vertikal, hablum minallah, maupun hablum minannaas,” papar bupati.

Tak lupa, Bupati Acep menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran panitia penyelenggara yang telah membantu memasilitasi para jamaah calon haji. Sehingga bisa melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji, merupakan tanggung jawab pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

Untuk itu, bupati mengingatkan kepada para petugas haji agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Yakni memberikan pelayanan terbaik kepada para calon haji dengan penuh rasa tanggung jawab. "Mulai baik dari segi fasilitas pemondokan, pelayanan kesehatan dan kenyamanan para jemaah hingga pada teknis pelaksanaan ibadah hajinya,” sebut Acep. (Agus)

BACA JUGA:SMK Ar-Rahmat Gelar Wisuda dan Angkat Sumpah ATTK

BACA JUGA:ABK Korban Kapal Tenggelam, Kepala Dinas Tenaga Kerja Minta Perusahaan Siap Bertanggung Jawab

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: