Gara-gara Protes Tidak Masuk DPT, Warga Sinarjati Gagal Nyoblos di Pilkades

Gara-gara Protes Tidak Masuk DPT, Warga Sinarjati Gagal Nyoblos di Pilkades

Ilustrasi pilkades--

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Sinarjati Kecamatan Dawuan diwarnai dengan protes seorang wanita kepada panitia. Pasalnya dirinya tidak masuk daftar pemilihan sehingga tidak bisa menyalurkan hak pilihnya.

Warga Sinarjati, Dewi (30) menyampaikan protes langsung ke ketua panitia di balai desa sekitar pukul 10.00 WIB.  “Saya punya KTP dan KK Desa Sinarjati, tapi kenapa saya tidak masuk  daftar pemilih,” kata Dewi  kepada panitia.

Saat Radar tanya kenapa baru protes pada hari pelaksanaan pilkades Sabtu (27/5), Dewi mengaku sebelumnya juga dirinya telah mempertanyakan soal tidak masuk ke daftar pemilih. Tapi tidak ada penjelasan yang memuaskan.

Penuturan seorang panitia Pilkades Sinarjati, warga tersebut tidak masuk  karena terdata sudah pindah ke desa lain.

BACA JUGA:MEWAH! Begini Penampakan Rest Area Tol Cisumdawu, Dekat dari Majalengka

BACA JUGA:Sipropam Polres Majalengka Lakukan Pengawasan di Tempat Layanan Publik Kepolisian

Ketua panitia Pilkades, Ojo Suharja menyatakan sesuai dengan kesepakatan dengan kedua tim sukses calon kades, bila ada yang tidak masuk daftar pemilih sampai hari H, maka tidak bisa menggunakan hak pilih.

“Kami mohon maaf sesuai dengan kesepakatan kedua timses  cakades, bagi yang tidak masuk DPT, maka tidak bisa  menggunakan hak pilihnya, doakan saja semoga pilihannya terpilih menjadi kades,” kata Ojo dihadapan warga yang protes yang akhirnya memilih pulang dan tidak memaksa untuk memilih.

Sementara itu, berdasarkan hasil perhitungan suara cakades nomor 1 Carman (50) meraih suara terbanyak  mencapai 1.862 suara. Ia mengalahkan cakades nomor 2 yang juga kades petahana H Aceng Aminudin dengan raihan 1,308 suara.  Dengan demikian Carman akan memimpin Desa Sinarjati  menggantikan H Aceng Aminudin 6 tahun  ke depan.

Sementara itu, pilkades di Desa Burujul Kulon  Kecamatan Jatiwangi  diikuti oleh tiga calon kades yakni nomor 1 Rohmat,  nomor 2  Sunarta dan nomor 3 Akhsan. Sedangkan kades petahana Ujang Khoerul Insan memilih untuk tidak maju lagi.

BACA JUGA:Meriah, Ajang bLU cRU Yamaha Enduro Challenge di Yogyakarta Jadi Pusat Perhatian Pecinta Yamaha

BACA JUGA:SMK Ar-Rahmat Gelar Wisuda dan Angkat Sumpah ATTK

Ketua Panitia Pilkades, Moch Farid Ashar SE melalui anggota Panitia 11, Endang Iskandar menyebutkan berdasarkan hasil perhitungan suara pilkades Burujul Kulon dimenangkan oleh nomor urut 3, dengan meraih 2.215 suara, Rohmat 1.979 suara dan Sunarta meraih 496 suara.

Sedangkan di Desa Weragati Kecamatan Palasah, Jayus meraih 2.002 dan Toffan  meraih  211 suara. Dengan demikian Jayus akan memimpin Desa Weragati menggantikan Drs Ade Dodi Mardianto alias Kades Dodi yang memilih tidak nyalon lagi. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: