ALHAMDULILLAH! Jalan Tol Cisumdawu Sebentar Lagi Selesai, Nyambung ke Tol Cipali Kertajati Majalengka

ALHAMDULILLAH! Jalan Tol Cisumdawu Sebentar Lagi Selesai, Nyambung ke Tol Cipali Kertajati Majalengka

Tol Cisumdawu sebentar lagi selesai dan nyambung dengan Tol Cipali di Kertajati, Majalengka.-Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cisumdawu sebentar lagi selesai pembangunannya dan akan nyambung dengan Tol Cipali. Bahkan, diharapkan di awal Juni 2023 ini, sudah bisa digunakan masyarakat.

Praktis saat ini konstruksi hanya menyisakan di Seksi 5 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan. Sedangkan di Seksi 4 dan 6 untuk main road sudah selesai.

Pekerjaan lainnya adalah Gerbang Tol Paseh yang terhubung ke Jalan Raya Paseh Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Dengan tuntasnya pembangunan Tol Cisumdawu, tentu bakal menjadi akses baru bagi masyarakat di wilayah timur Jawa Barat ke Bandung, maupun sebaliknya.

BACA JUGA:CANGGIH BANGET! Mengenal Geofoam EPS yang Dipakai Tol Cisumdawu, 72 Kali Lebih Ringan dari Tanah

Apalagi, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka sudah mulai beroperasi.

Konstruksi Tol Cisumdawu saat ini tersisa di Seksi 5A dan 5B sepanjang 14,90 kilometer. Tetapi sebagian besar sudah selesai.

Nantinya Jalan Tol Cisumdawu akan terhubung dengan Tol Cipali di Kilometer 152, Kertajati, Kabupaten Majalengka. Perjalanan Bandung - Majalengka pun ditaksir hanya 1 jam saja.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginstruksikan penyelesaian konstruksi Seksi 4 - Seksi 6 (Cimalaka - Dawuan) sepanjang 29,3 km pada awal Juni 2023.

BACA JUGA:Tak Bisa Datang Ke TPS, Polisi di Majalengka Dampingi Petugas Jemput Bola Bagi Lansia dan Warga Sakit

Sehingga Jalan Tol Cisumdawu dapat beroperasi seluruhnya sepanjang 62 km. Sebelumnya saat mudik Lebaran 2023 lalu,  Seksi 4-6 Tol Cisumdawu sudah dibuka fungsional.

"Jalan Tol Cisumdawu merupakan proyek strategis nasional yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Segera operasionalkan dengan tetap mengutamakan kualitas, safety , dan estetika. Ruas Tol Cisumdawu sekaligus juga untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," tegas Menteri Basuki.

Saat ini pada ruas Tol Cisumdawu telah beroperasi Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 Km) sejak Januari 2022. Diikuti dengan Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17,05 Km) dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 Km) yang beroperasi sejak Desember 2022 guna mendukung kelancaran lalu lintas selama Nataru 2022/2023.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: