PENAMPAKAN TERKINI Gerbang Tol Paseh Tol Cisumdawu, Jalan Mulai Dibangun

PENAMPAKAN TERKINI Gerbang Tol Paseh Tol Cisumdawu, Jalan Mulai Dibangun

Penampakan terkini Gerbang Tol Paseh yang merupakan akses menuju Tol Cisumdawu. -Apri Subroto/Ist-radarmajalengka.com

Sejauh ini, kontraktor Tol Cisumdawu sudah menyelesaikan beberapa pekerjaan penting. Misalnya pembangunan Jembatan Gunung Puyuh di Seksi 5B yang baru saja selesai pembetonan lantai jembatan dan akan dilanjutkan dengan pengaspalan.

BACA JUGA:Pertamina Siapkan Dana Rp75 M untuk Bangun Gedung Serbaguna di Area GGM

Namun, di sekitar lokasi masih ada pekerjaan untuk penguatan badan jalan di Jalur A. Terutama dekat dengan perbatasan Seksi 6. Lokasi ini, menggunakan urugan tanah yang cukup tinggi. Sehingga beberapa kali terjadi longsoran juga ambles.

Bergeser ke lokasi lain, salah satu titik yang sangat krusial adalah pembangunan jalan dengan fondasi dari geofoam eps. Yakni di Seksi 5A. Pekerjaan tersebut, dilakukan untuk mengatasi struktur tanah yang labil dan berair.

Kemudian di Seksi 5A juga terdapat pekerjaan main road Jalur B. Yang menurut laporan progres dari PT Adhi Karya hanya menyisakan sekitar 1 kilometer lagi. Pekerjaan lainnya ada penyelesaian penguatan pada tebing dan lereng di kanan dan kiri jalan.

Seperti diketahui, mengacu pada target dari Menteri PUPR, pekerjaan Tol Cisumdawu diharapkan tuntas dan beroperasi pada akhir Mei atau hanya menyisakan waktu 9 hari lagi. 

BACA JUGA:Kisah Jusuf Hamka Selamatkan Proyek Tol Cisumdawu yang Tak Jadi-jadi: Itu Pengabdian Kita

Artinya pekerjaan di lokasi mesti dikebut sekitar seminggu ke depan untuk dapat memenuhi target ini. Diharapkan di awal Juni, Tol Cisumdawu dapat beroperasi dan mendukung operasional Bandara Kertajati.

Karenanya, pekan ini akan sangat menentukan bagi pembangunan Tol Cisumdawu yang memasuki tahap akhir pekerjaan dan tinggal menghitung hari untuk dapat selesai serta tersambung dari Bandung ke Kertajati. 

Demikian penampakan terkini dari Gerbang Tol Paseh yang berada di Seksi 4B Jalan Tol Cisumdawu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: