LENGKAP! Fasilitas Rest Area Sementara TOL CISUMDAWU, Bisa Muat 200 Mobil

LENGKAP! Fasilitas Rest Area Sementara TOL CISUMDAWU, Bisa Muat 200 Mobil

Fasilitas rest area sementara Tol Cisumdawu di Km 194+400 Seksi 4B Legok, Kabupaten Sumedang.-BPJT-radarmajalengka.com

BACA JUGA:Bandara Kertajati Majalengka Sudah 3 Kali Layani Umrah, 9 Mei Ada Lagi

Kembali ditegaskan Menteri PUPR, dari segi prasarana tol sepanjang 62 kilometer tersebut sudah siap. Tetapi, pengoperasiannya diserahkan kepada Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri).

"Dari segi prasarana tol ini sudah siap. Tapi kapan mau dioperasikan kewenangan bapak kakorlantas," tandas Basuki.

"Manajemen trafficnya dari bapak-bapak polisi yang akan mengatur lainnya. Gratis dari Cimalaka sampai Dawuan," kata Menteri Basuki, dikutip dari publikasi Polres Sumedang.

Sementara itu, Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan berpesan agar sebelum dibuka setiap harinya dilakukan pengecekan oleh pengelola.

BACA JUGA:DITUNDA LAGI! Tol Cisumdawu Baru Beroperasi 18 April, Dibuka Jam 8 sampai 3 Sore

Tujuannya adalah menghindari gangguan di jalan tol. Dikhawatirkan, ada warga yang masuk baik berjalan kaki maupun dengan sepeda motor. Termasuk juga aktivitas kendaraan proyek.

"Setiap hari dicek dulu, siapa tahu ada yang lewat. Ada kendaraan proyek. Dicek dulu ya, setiap hari," tandas Kapolres.

Pihak kepolisian, kata dia juga sudah melakukan pengecekan ulang dan memastikan bahwa tol tersebut aman dilintasi pengendara.

"Kita dari kepolisian Polres Sumedang melakukan pengecekan kembali, dan di mana bagian dari rangkaian upaya kita menyiapkan," ungkapnya.

BACA JUGA:KETEMU JUSUF HAMKA di Km 152, Cerita Soal Rest Area Tol Cisumdawu, Ini Bocorannya

Meskipun tol ini sudah siap dilalui, sambung Kapolres, namun tetap memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan pengguna jalan.

Salah satunya rekayasa yang dilakukan di beberapa ruas Tol Cisumdawu. Mulai dari adanya pergantian jalur dari A dan B, ada beberapa rambu juga rubber cone yang dipasang agar pengendara memperlambat laju kendaraannya.

"Bisa diarahkan supaya tidak terjadi kontak atau kecelakaan, tadi kita lihat ada tikungan cukup tajam. Sehingga ada penyesuaian dari penempatan traffic cone," tuturnya.

Mengacu pada rencana, Tol Cisumdawu mulai dari Seksi 4 Cimalaka sampai dengan 6 di Ujung Jaya yang terkoneksi ke Tol Cipali akan mulai dioperasikan Minggu, 16, April 2023 pukul 06.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: