Momen Saat Pesawat Ukraina, Rusia dan Amerika Mendarat di Bandara Kertajati, Ada yang Bawa Pasukan

Momen Saat Pesawat Ukraina, Rusia dan Amerika Mendarat di Bandara Kertajati, Ada yang Bawa Pasukan

Pesawat Boeing C-17 US Army saat mendarat di Bandara Kertajati Majalengka. -BIJB-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA - Pesawat ikonik buatan Ukraina, Rusia hingga Amerika Serikat sempat mendarat di Bandara Kertajati MAJALENGKA, beberapa waktu lalu. 

Meski tidak seheboh kedatangan pesawat Antonov AN-124 100 M dengan call sign Ruslan, tetapi kedatangan 2 pesawat lainnya juga tidak kalah ikonik.

Bahkan, kedatangan pesawat jumbo milik Amerika Serikat membawa tentara, meski hanya untuk singgah dan mengisi bahan bakar di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang dikenal dengan call sign KMT/Wica dalam dunia  aviasi.

Kedatangan 3 pesawat tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa Bandara Kertajati Majalengka memiliki kemampuan untuk didarati pesawat berbadan besar yang membutuhkan runway panjang untuk take off maupun landing. 

Dengan panjang landasan mencapai 3.000 meter, tentu saja mendukung untuk didarati pesawat berbadan besar yang biasa digunakan untuk penerbangan internasional. 

Sekelas pesawat cargo Antonov AN-124 100 M yang menyandang gelar terbesar di dunia, mampu mendarat dengan mulus di Bandara Kertajati. 

Tentu saja, kehadiran 'monster' angkasa itu, menjadi bukti bahwa Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, mumpuni untuk melayani pesawat-pesawat terbesar di dunia. 

Berikut adalah deretan pesawat Ukraina, Rusia dan Amerika yang pernah mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

1. US Air Force Boeing C-17

Pesawat US Air Force Boeing C-17 juga sempat singgah untuk mengisi bahan bakar pada Agustus 2021. Ketika itu, pesawat US Air Force mengangkut tentara Amerika Serikat atau US Army untuk latihan gabungan dengan TNI.

Biasanya pesawat ini, dipakai untuk melakukan misi pengangkutan udara taktis dan strategis, mengangkut pasukan dan kargo ke seluruh dunia; peran tambahannya.

Termasuk evakuasi medis dan tugas penerjunan udara. C-17 ini digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) bersama dengan angkatan udara India, Britania Raya, Australia, Kanada, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan organisasi multilateral Heavy Airlift Wing yang berbasis di Eropa. 

2. Pesawat Antonov AN-124 100 Ruslan

Antonov An-124 Ruslan adalah pesawat kedua terbesar di dunia serial produksi pesawat kargo, nomor satu adalah Antonov An-225 (varian besar dari An-124) yang hancur saat perang dan Boeing 747-8F.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: