CANGGIH! Teknologi Geofoam EPS Dipakai di TOL CISUMDAWU, Tidak Perlu Urugan Tanah

CANGGIH! Teknologi Geofoam EPS Dipakai di TOL CISUMDAWU, Tidak Perlu Urugan Tanah

Pengaplikasian geofoam EPS pada konstruksi Jalan Tol Cisumdawu Seksi 5A di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.-Apri Subroto/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:18 Juta Orang akan Mudik dari Jabodetabek, Berpotensi Terjadi Kemacetan di Tol Cipali

Menariknya, penggunaan geofoam EPS ini juga sangat cepat, karena pekerja tinggal menyusun pada lokasi yang sudah disiapkan.

Penggunaan material ini, membuat waktu pekerjaan proyek menjadi lebih cepat. Karena berbeda dengan pembangunan jalan yang biasa menggunakan urugan.

Target Selesai untuk Mudik

Seperti diketahui, Jalan Tol Cisumdawu ditargetkan selesai pada arus mudik lebaran atau April 2023.

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Menhub Ungkap 2 Rencana untuk Bandara Kertajati Majalengka

Hal itu, disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai rapat dengan presiden membahas terkait dengan mudik dan arus balik.

"Kabar gembira perlu saya sampaikan. Berfungsinya Jalan Tol Cisumdawu dari Bandung ke Kertajati tanggal 15, April 2023," kata Menteri Perhubungan, di Jakarta.

Mengenai status pengoperasian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, menurut menhub, hal tersebut menjadi kewenangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

"Tentu policy tentang fungsional atau efektif berada di PUPR. Fungsional hampir bisa dipastikan, mungkin ada dinamika bergeser 1 sampai 2 hari," kata Menhub, menyampaikan hasil rapat dengan presiden di Istana Negara.

BACA JUGA:Menhub Pamer Pesawat Antonov Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Begini Kata-katanya

Beroperasinya Tol Cisumdawu pada 15, April 2023 tentu saja hanya berselang beberapa hari dengan arus mudik yang diprediksi terjadi mulai 19, April.

Sebab, presiden sudah meminta agar cuti bersama dimajukan yakni mulai tanggal 19 April. Bahkan, menurut menhub, presiden juga meminta perusahaan khususnya swasta untuk membayarkan THR (tunjangan hari raya) lebih cepat.

"Sehingga kita harapkan tanggal 18 malam, masyarakat sudah mulai mudik. Karena tanggal 19 sudah cuti bersama," ujar Menhub.

Dalam kesempatan itu, Menhub menambahkan bahwa beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu untuk mudik juga membuka peluang Bandara Kertajati Majalengka untuk beroperasi secara lebih efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: