Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Menhub Ungkap 2 Rencana untuk Bandara Kertajati Majalengka

Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Menhub Ungkap 2 Rencana untuk Bandara Kertajati Majalengka

Tol Cisumdawu yang akan beroperasi pada 15 April akan kembali menghidupkan Bandara Kertajati Majalengka.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa Tol Cisumdawu dijadwalkan untuk beroperasi fungsional pada pertengahan bulan depan.

Selain Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang beroperasi meski berstatus fungsional, Menhub juga mengungkap adanya 2 rencana jangka pendek untuk Bandara Kertajati Majalengka.

Diharapkan 2 rencana tersebut dapat menghidupkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sekaligus meningkatkan traffic di Jalan Tol Cisumdawu.

Hal itu, diungkapkan Menhub saat berkunjung ke BIJB Kertajati Majalengka, belum lama ini. Kemudian dipertegas saat konferensi pers di Istana Negara.

BACA JUGA:Menhub Pamer Pesawat Antonov Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Begini Kata-katanya

"Ada satu berita baik dari BPJT mengatakan bahwa 15 April Tol Cisumdawu beroperasi fungsional. Dari Bandung ke Kertajati kira-kira 1 jam," kata Menhub, dilansir dari publikasi di Instagram miliknya, Senin, 27, Maret 2023.

Merespons hal tersebut, kata Menhub, dirinya merencanakan 2 hal untuk jangka pendek. Yang pertama, Kementerian Agama (Kemenag) sudah memutuskan penerbangan haji paling tidak 20 kelompok terbanng (kloter) dengan jumlah 7-8 ribu jemaah yang berhaji dari Kertajati.

Jemaah yang terbang untuk ibadah haji melalui Bandara Kertajati berasal dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang dan Sumedang.

Menhub berharap, dibukanya penerbangan haji dari Bandara Kertajati dapat meningkatkan kenyamanan bagi jemaah dari wilayah tersebut, karena lebih dekat.

BACA JUGA:TARIF TOL CISUMDAWU yang Beroperasi untuk Mudik Lebaran, Simak Rinciannya di Sini

Sedangkan untuk rencana kedua, yakni membuka penerbangan umrah dengan slot unlimited dari Bandara Kertajati pada momen menjelang Idul Fitri.

"Kita tahu 10 hari menjelang lebaran, banyak sekali jemaah yang ingin umrah. Kalau mau umrah dari sini unlimited. Harapannya bisa membuat Bandara Kertajati hidup, Cisumdawu punya traffic," bebernya.

Seperti diketahui, BIJB Kertajati sangat bergantung dengan konektivitas jalan tol terutama yang menghubungkan dengan Bandung.

Tanpa adanya akses tol tersebut, perjalanan dari Bandung ke majalengka butuh waktu 2 sampai dengan 3 jam. Sehingga terlalu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: