Sebelum Antonov, Pesawat Ilyushin Silkway Juga Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

Sebelum Antonov, Pesawat Ilyushin Silkway Juga Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

Momen pesawat Ilyushin IL-76 mendarat di Bandara Kertajati Majalengka. -Airnav Kertajati-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Beroperasinya penerbangan cargo di Bandar Kertajati Kabupaten MAJALENGKA membuat pesawat-pesawat berbadan besar singgah di Kota Angin. 

Sebelum pesawat Antonov AN-124 100 M, sebelumnya pernah juga mendarat pesawat Ilyushin dari Maskapai Silkway, pada Desember 2022.

Pesawat cargo Ilyushin IL-76 dari Maskapai Silkway tersebut juga membawa barang untuk dilakukan bongkar muat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Dengan beroperasinya penerbangan cargo di Bandara Kertajati, tentu pesawat seperti Antonov dan lainnya diharapkan akan kembali singgah selain penerbangan reguler lainnya.

BACA JUGA:Pesawat Antonov Pilih Mendarat di Bandara Kertajati dan YIA, Mungkin Ini Alasannya

Sejak Desember 2021 penerbangan cargo memang rutin dilakukan di Bandara Kertajati sejak Maskapai Avia Cargo dan Trigana Air membuka penerbangan.

Posisi Bandara Kertajati yang terhubung ke Jalan Tol Cikopo Palimanan, memudahkan pengiriman barang. Bahkan sebentar lagi akan terhubung ke Tol Cisumdawu.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, di Jawa Barat ada daerah Cirebon, Patimban, dan Majalengka yang merupakan segitiga strategis yang memiliki potensi untuk dikembangkan untuk menciptakan titik-titik ekonomi baru.

“Pelabuhan Patimban sudah kita bangun, dan ditargetkan ada lebih dari 160 ribu ekspor kendaraan tahun ini. Jadi jangan ragu untuk melakukan kegiatan kargo di sini. Ini akan membuka lapangan pekerjaan yang banyak di sini,” tutur Menhub di Kanal Resmi Kemenhub yang dikutip radarmajalengka.com, Senin, 27, Maret 2023.

BACA JUGA:20 HARI LAGI Jalan Tol Cisumdawu Dipakai Mudik Lebaran, Tapi Kondisi Masih seperti Ini, Pakai Jalur Darurat?

Bandara Kertajat, kata Menhub juga disiapkan menjadi pusat kegiatan logistik dan pemeliharaan pesawat, selain menjadi tempat embarkasi dan debarkasi haji dan umroh.

Untuk mendukung Bandara Kertajati menjadi pusat kegiatan logistik, di bandara ini sudah dilakukan beberapa pengembangan e-commerce hub (cargo village) dan optimalisasi penerbangan kargo. 

Seperti diketahui, penerbangan cargo di Bandara Kertajati Majalengka, baru-baru ini digunakan untuk pengangkutan mesin pabrik yang dibawa memakai pesawat Antonov, rupanya yang menyewa pesawat kargo jumbo tersebut adalah PT Chandra Asri Tbk (TPIA).

Perusahaan milik taipan Prajogo Pangestu tersebut menyewa pesawat kargo terbesar di dunia itu untuk mengangkut muatan mesin pabrik yang dipesan dari Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: