Pesawat Antonov Pilih Mendarat di Bandara Kertajati dan YIA, Mungkin Ini Alasannya

Pesawat Antonov Pilih Mendarat di Bandara Kertajati dan YIA, Mungkin Ini Alasannya

Momen pesawat Antonov mendarat di Bandara Kertajati Majalengka. -Leonardo Edwin/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Belum diketahui kepastian, mengapa pesawat kargo super jumbo memilih mendarat di Bandara Kertajati Majalengka dan YIA Jogjakarta. 

Tentu ada banyak pertimbangan. Selain kedekatan barang yang mau dikirim atau yang akan diangkut, pasti ada pula pertimbangan lain.

Salah satu pertimbangan yang masuk akal adalah kondisi bandara yang akan didarati. Mungkin bukan persoalan bandara baru atau bukan. Pertimbangan profil bandara bisa jadi lebih masuk akal.

Apalagi pesawat Antonov N 124-100 itu bukan main-main. Pesawat kargo terbesar di dunia ini, membutuhkan profil bandara yang bisa nyaman untuk mendarat dan terbang. Tidak sembarangan bandara bisa didarati.

BACA JUGA:Kisah Antonov yang Mendarat di Bandara Kertajati, dan Mriya yang akan Dibangkitkan dari Kubur

Salah satu pertimbangannya bisa jadi soal landasan pacu. Seberapa panjang landasan pacu bandara yang akan digunakan untuk pendaratan dan terbang kembali.

Selain panjang landasan pacu, tentu juga fasilitas pendukung. Pesawat Antonov 124-100 itu bisa mengangkut barang hingga 120 ton, membutuhkan fasilitas bandara yang mumpuni.

Seperti diketahui, Sebelum mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, ternyata pesawat Antonov 124-100 juga pernah mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA).

Pesawat kargo Antonov buatan Ukraina itu sempat mendarat dan lepas landas di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo, dua tahun lalu. Tepatnya pada Rabu, 10 Maret 2021. 

BACA JUGA:Momen Indahnya Pertemuan Jusuf Hamka dan Buya Yahya, Ungkap Rencana Jalan Tol Syariah

Kemudian belum lama ini pesawat Antonov 124-100 juga berhasil mendarat dan lepas landas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, pada Rabu, 22 Maret 2023.

Baik Bandara YIA Jogja maupun Kertajati Majengka dipilih untuk mendarat, kemungkinan terbesar salah satunya pertimbangan adalah profil dua bamdara itu. Selain landasan pacu, bisa jadi fasilitas pendukung lainnya.

Nah, agar lebih jelas sebaiknya kita lihat profil Bandara Kertajati Majalengka dan YIA Jogja.

Bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya tentu tidak asing dengan Bandar Udara Internasional Kertajati yang terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: