ANEH TAPI NYATA! Ada 3 Jembatan di Tol Cisumdawu, Padahal Tidak Ada Sungai, Oh Ternyata Inilah yang Terjadi

ANEH TAPI NYATA! Ada 3 Jembatan di Tol Cisumdawu, Padahal Tidak Ada Sungai, Oh Ternyata Inilah yang Terjadi

Jembatan di Tol Cisumdawu salah satunya Jembatan Kedondong di Desa Cacaban, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pembangunan Tol Cisumdawu sejak awal seringkali menghadapi tantangan alam, termasuk kondisi medan yang berat.

Ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang memanjang 62,60 kilometer ke Kabupaten Majalengka, mayoritas berada di wilayah dataran tinggi, Cekungan Bandung dan kaki Gunung Tampomas.

Karenanya, kondisi bentang alam dan geologi menjadi tantangan dalam pembangunan Jalan Tol Cisumdawu mulai dari Seksi 1 sampai dengan 6.

Bahkan, menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, di Seksi 1 sampai dengan 3 terjadi perubahan desain atau adjusment dan berdampak pada besarnya investasi yang keluarkan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

BACA JUGA:TARIF Tol Cisumdawu Dibilang Kemahalan, BPJT Merespons, Mau Diturunkan Lagi?

Tidak hanya itu, penanganan longsor yang terjadi di sejumlah titik, pada akhirnya kembali dikompensasikan dalam bentuk investasi oleh konsorsium pemegang konsesi yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Ruas Tol Cisumdawu tersebut memang hanya Seksi 1 dan 2 yang dikerjakan oleh pemerintah, dengan pertimbangan kelayakan investasi.

Selanjutnya mulai dari Seksi 3 sampai dengan 6 dikerjakan oleh BUJT dalam hal ini PT CKJT, konsorsium patungan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dalam pembangunan sejauh ini, kontraktor sudah melakukan beberapa penyesuaian. Meski ruas tol ini tidak banyak melintasi sungai, tetapi pada beberapa area mesti dibangun jembatan.

BACA JUGA:TERKINI! Update JALAN TOL CISUMDAWU Seksi 5A, Target Selesai untuk Mudik Sulit Tercapai

Pembangunan jembatan tersebut memang aneh tapi nyata, karena tidak menghubungkan 2 tebing ataupun melintang di atas bentangan sungai.

Pembangunan jembatan tersebut menjadi pilihan dari sisi teknik dan konstruksi, mengingat ditemukannya lapisan tanah labil.

Berikit 3 daftar jembatan di Tol Cisumdawu yang dibangun bukan di atas sungai:

1. Jembatan Parigi Conggeang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: