TARIF Tol Cisumdawu Dibilang Kemahalan, BPJT Merespons, Mau Diturunkan Lagi?

TARIF Tol Cisumdawu Dibilang Kemahalan, BPJT Merespons, Mau Diturunkan Lagi?

Tarif Tol Cisumdawu dicap kemahalan, terutama dari Seksi 1 sampai 3 Cileunyi - Cimalaka.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tarif Tol Cisumdawu disebut kemahalan dan menjadi topik perbincangan warganet di media sosial sejak diberlakukan pada 28, Februari 2023.

Menyoal tarif Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang dicap mahal, sejumlah sopir truk dan ekspedisi pun memilih kembali ke Jalan Raya Cadas Pangeran.

Meski perjalanan lebih lama, tetapi mereka tidak harus membayar tarif tol yang bisa mencapai Rp62 ribu untuk kendaraan Golongan II dan III. 

Atau mencapai Rp 83 ribu untuk kendaraan golongan IV dan V, sedangkan untuk golongan I tarif yang dibayarkan dari Cileunyi sampai Cimalaka mencapai Rp 41.500.

BACA JUGA:Mengenal TOL CISUMJATI, Nama Baru Pengganti Cisumdawu Usulan dari Bupati Majalengka

Merespons hal itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit mengatakan bahwa penetapan dan penyesuaian tarif Tol Cisumdawu sudah mempertimbangkan aspek kemampuan dan kemauan membayar dari masyarakat.

"Tarif tol sudah mempertimbangkan abillity to pay dan masih di bawah itu. Juga terkait dengan pengembalian investasi," kata Danang.

Dikatakan dia, investasi Jalan Tol Cisumdawu mengalami penyesuaian, seiring dilakukannya adjusment design di Seksi 1 sampai dengan 3 atau Cileunyi - Cimalaka.

Selain mengalami perubahan desain, trase jalan juga mengalami longsor. Sehingga hal itu, dikompensasikan kepada investasi yang dikeluarkan.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Ini Alasan Bupati Majalengka Minta Nama Tol Cisumdawu Diganti Jadi Cisumjati, Simak Kata-katanya

Danang kembali menegaskan, bahwa tarif yang telah ditentukan masih di bawah dari kemampuan masyarakat. Karenanya, tarif jalan tol ini, terbilang masih murah.

"Yang perlu kita pastikan tarif itu lebih rendah dari kemampuan bayar masyarakat. Itu yang paling pokok," tandas Danang, seperti dilansir dari CNBC, Minggu, 5, Maret 2023.

Diungkapkan Danang, keberadaan Tol Cisumdawu memang dimaksudkan untuk mengurangi beban dari Jalan Nasional Cadas Pangeran.

Sebab, di ruas tersebut seringkali terjadi kemacetan dan cukup padat. Kehadiran tol, tentu memberikan pilihan kepada masyarakat pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: